Kompas.com - 10/08/2021, 17:47 WIB
Ilustrasi smart home Unsplash/Sebastian Scholz (Nuki)Ilustrasi smart home

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran sistem rumah pintar atau smart home dapat membuat kehidupan di rumah menjadi lebih mudah dan berjalan mulus.

Bahkan, menerapkan sistem smart home di rumah memungkinkan kita mengendalikan rumah di mana pun berada atau saat tidak berada di rumah. 

Baca juga: Simak, Cara Mencegah Kelembapan di Rumah Saat Musim Hujan

Bayangkan saja Anda dapat mematikan AC atau pemanas setelah meninggalkan rumah. Menyalakan lampu kamar tidur menggunakan perintah suara dari dapur.

Tentu saja, semua hal ini memudahkan pekerjaan, ditambah meningkatkan keamanan rumah. Rupanya, selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak sistem smart home yang bisa diterapkan di rumah.

Bagi Anda yang tertarik menerapkan sistem rumah pintar di huniaan, berikut lima aplikasi sistem smart home yang bisa dicoba dilansir dari Home and Decor, Selasa (10/8/2021). 

Baca juga: Hati-hati, Ini Bahayanya jika Jarang Membersihkan Debu di Rumah 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pencahayaan rumah pintar

Sistem pencahayaan ini dapat dikontrol dari aplikasi, yang berarti Anda dapat menyalakan atau mematikan lampu lewat ponsel pintar.

Bola lampu pintar kemudian dapat menerima instruksi melalui jaringan nirkabel untuk menyesuaikan kecerahannya, mengubah warna, bahkan mengatur jadwal pencahayaan sehingga lampu menyala dan mati pada waktu tertentu pada siang hari. 

Baca juga: Tips Memilih Lampu Hias untuk Ruang Tamu

Bola lampu pintar terbuat dari light emitting diode (LED). Lampu mengonsumsi lebih sedikit energi, tetapi juga bisa lebih mahal dibanding bola lampu biasa. 

Namun, bila ingin mengambil keputusan yang sadar lingkungan dan memiliki anggaran cukup, menerapkan pencahayaan rumah pintar menjadi pilihan tetap serta bernilai investasi. 

Baca juga: 4 Model Lampu yang Bisa Jadi Dekorasi Pencahayaan Ruangan Rumah 

Termostat Wi-Fi cerdas

Termostat Wi-Fi cerdas memungkinkan Anda mengotomatiskan pengaturan suhu rumah berdasarkan jadwal harian, kondisi cuaca, serta preferensi pemanasan dan pendinginan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.