Kompas.com - 09/08/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi pemutih. SHUTTERSTOCK/CASSIOHABIBIlustrasi pemutih.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemutih merupakan senyawa kimia yang biasa digunakan orang-orang untuk memutihkan dan menghilangkan noda pada pakaian serta sebagai disinfektan.

Namun, di luar manfaat itu, ada beberapa hal yang mungkin tidak kamu ketahui. Kandungan dalam pemutih bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal kegiatan bersih-bersih di rumah

Dilansir dari Over Sixty, Senin (9/8/2021), berikut ini adalah manfaat pemutih untuk membersihkan rumah yang belum diketahui banyak orang. 

Baca juga: Tips dan Trik Menggunakan Pemutih Tanpa Merusak Pakaian

Menyingkirkan lumut dan gulma

Kamu mungkin sering mendapatkan lumut yang menempel di batu bata, beton, atau batu alam di rumah. Penampakan tersebut bisa membuat permukaan menjadi licin dan tidak sedap dipandang.

Untuk menghilangkannya, dapat menggunakan pemutih. Caranya, gosok permukaan yang dilumuti dengan secangkir larutan pemutih dan tiga liter air.

Selain lumut, gulma atau rumput liar yang menyembul dari celah-celah conblock atau paving block juga bisa diatasi dengan pemutih. Tuangkan sedikit pemutih murni pada permukaan conblock, diamkan selama satu atau dua hari, lalu tarik keluar gulma. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tidak Cuma Pemutih, 5 Bahan Ini Juga Bisa Memutihkan Pakaian

Membersihkan alat berkebun

Selanjutnya, manfaat pemutih adalah membersihkan alat berkebun. Meski alat berkebun kuat dan tahan lama, ada baiknya membersihkannya sesekali karena kotoran perlahan akan merusak logam dan bagian yang bergerak.

Apalagi, bila alat berkebun habis digunakan untuk menangani tanaman yang sakit. Tentu kamu tidak ingin alat berkebun menyebarkan penyakit.

Untuk membersihkannya, cuci seluruh alat berkebunmu menggunakan larutan pemutih dan air dengan perbandingan satu cangkir pemutih dan seliter air.

Setelah selesai dibersihkan, keringkan alat di bawah sinar matahari, dan olesi sedikit minyak untuk mencegah karat. 

Baca juga: Cara Mengatasi Jamur pada Akar Tanaman, Pakai Alkohol dan Pemutih

Halaman:


Sumber OverSixty
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.