Kompas.com - 08/08/2021, 08:30 WIB
Ilustrasi mesin cuci, ruang cuci. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi mesin cuci, ruang cuci.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring pemakaian, uap air dalam mesin cuci dapat terperangkap di tempat-tempat yang sulit dijangkau dan dengan mudah menjadi tempat berkembang biaknya jamur.

Segel, gasket, dan dispenser detergen hanyalah beberapa area yang mungkin luput dari pemeriksa saat membersihkan mesin mesin cuci. Padahal, area ini adalah tempat favorit jamur. 

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Sisa Detergen pada Mesin Cuci

Bahkan, jika kamu tidak dapat melihatnya, jamur dapat dengan mudah menempel pada pakaian, yang menyebabkan masalah pernapasan seperti bersin, batuk, dan mengi.

Bagi mereka yang lebih rentan, seperti anak-anak, orang tua, atau orang dengan masalah pernapasan yang sudah ada sebelumnya, konsekuensinya bisa lebih parah.

Agar anggota keluarga lebih sehat dan pakaian tetap bersih, cobalah empat cara mengatasi jamur pada mesin cuci dilansir dari Bob Vila, Minggu (8/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 3 Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar dan Cara Mengatasinya

Bersihkan alat secara teratur dan keringkan mesin cuci

Metode ini mungkin salah satu yang pernah kamu coba, tetapi kunci untuk membersihkan mesin cuci adalah dengan menggosok semua area tersembunyi yang biasanya tidak terpikirkan untuk dibersihkan.

Lepaskan dispenser sabun, pemutih, dan pelembut agar kamu dapat membersihkannya satu per satu, dan agar kamu dapat membersihkan area yang sesuai.

Bersihkan bagian dalam drum menggunakan lap atau sikat dan semprotan pembersih antimikroba, perhatikan baik-baik gasket karet pada mesin cuci bukaan depan dan bibir pintu pada mesin cuci bukaan atas. 

Baca juga: Ingat, 8 Benda Ini Tidak Boleh Dibersihkan dengan Mesin Cuci

Setelah selesai menggosok bagian depan dan dalam mesin cuci, periksa selang di bagian belakang untuk memastikan tidak ada jamur yang menumpuk pada konektor selang.

Setelah dibersihkan, keringkan setiap bagian dengan hati-hati, dan terapkan kebiasaan untuk memastikan bahwa setiap bagian diberi waktu yang cukup untuk mengering di udara setelah setiap pencucian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Bob Vila
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.