Kompas.com - 06/08/2021, 07:26 WIB
Menghilangkan noda bakaran pada karpet Unsplash/Sina SaadatmandMenghilangkan noda bakaran pada karpet

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet perlu dicuci secara rutin untuk menghilangkan noda, kotoran, hingga bau tidak sedap. Setelah dicuci, jangan pernah lupa untuk mengeringkan karpet.

Dikutip dari Oh So Spotless, Jumat (6/8/2021), cara mengeringkan karpet tergantung pada ukuran, iklim, dan kelembaban. Sangat penting untuk mengeringkan karpet dengan benar setelah dicuci

Jika tidak, ruang kecil antara bantalan karpet dan lantai menciptakan area gelap dan lembab di mana jamur dan lumut dapat terbentuk. Jamur dapat dengan cepat merusak permukaan tempat tumbuhnya, termasuk karpet. 

Baca juga: Bahan-bahan di Dapur yang Bisa Menghilangkan Bau pada Karpet

Jamur pada karpet sering kali tidak terlihat, tetapi menimbulkan bau tidak sedap.

Bantalan karpet bekerja mirip dengan spons, yakni menyerap kelembapan yang mungkin ada. Ketika jamur mulai tumbuh, dengan cepat menciptakan kualitas udara dalam ruangan yang buruk, yang dapat menyebabkan masalah pernapasan seperti asma.

Dalam kasus terburuk, jamur dapat menyebabkan infeksi dan penyakit parah. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menyingkirkan jamur bisa jadi rumit. Pertama, jamur harus dibunuh di sumbernya karena spora dapat menyebar dan menciptakan jamur baru.

Baca juga: 6 Jenis Karpet yang Bisa Kamu Pilih untuk Hunian

Selain dengan menjemur di bawah sinar matahari, berikut beberapa cara mengeringkan karpet setelah dicuci. 

Cara mengeringkan karpet setelah dicuci

Cara Anda mengeringkan karpet setelah dibersihkan tergantung pada cara membersihkannya. Karpet dapat dicuci kering, dibersihkan menggunakan uap, atau dengan pembersih karpet khusus.

1. Ciptakan aliran udara

Cara terbaik untuk membantu karpet Anda kering adalah dengan menciptakan aliran udara yang baik di dalam ruangan. Jika karpet berada di ruangan dengan jendela, bukalah dan biarkan udara segar melakukan semuanya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.