Kompas.com - 05/08/2021, 23:15 WIB
Mengajak kucing pindah rumah Unsplash/Max OgdenMengajak kucing pindah rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengadopsi atau memelihara kucing adalah cara bagus untuk membantu dan melindungi kucing sekaligus mengusir kesepian di rumah.

Memelihara atau mengadopsi kucing artinya Anda memiliki anggota keluarga baru dan teman di rumah. Namun, sebelum mengadopsi, ada beberapa hal yang perlu disiapkan, salah satunya keamanan rumah. 

Pastikan rumah sudah siap dan aman terlebih dahulu saat kucing datang agar betah dan paling penting tidak membahayakan keselamatan kucing. 

Baca juga: Alasan Kucing Sangat Suka Duduk di Pangkuanmu

Melansir dari laman Home and Decor, Kamis (5/8/2021), berikut ini tips menciptakan rumah yang aman dan ramah untuk kucing sebelum mengadopsinya. 

 

Tutup jendela, gerbang, dan pintu keluar lainnya

Pastikan semua jendela, pintu, balkon, dan gerbang tertutup rapat karena kucing secara alami adalah makhluk dengan rasa ingin tahu yang tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pastikan juga memasang kasa jaring atau kisi-kisi tak terlihat sehingga kucing tidak berisiko melompat keluar dan melukai dirinya sendiri. 

Baca juga: Gejala dan Cara Mengobati Infeksi akibat Gigitan Kucing

Ciptakan tempat persembunyian yang aman

Hal ini sangat penting apabila sahabat bulu adalah kucing penyelamat karena ia perlu waktu untuk terbiasa dengan lingkungan barunya. Anda bisa menyediakan kotak kardus dengan handuk di atasnya.

Bahkan setelah kucing terbiasa berada di rumah Anda, simpanlah tempat persembunyian ini untuk mereka. Ini akan menjadi tempat aman kucing untuk bersembunyi setiap kali ada tamu asing atau suara keras. 

Baca juga: Ragam Alasan Kucing Tiba-tiba Tidur dengan Pemiliknya

Sediakan beberapa bentuk pilihan memanjat

Kucing merupakan hewan pemburu. Hal ini membuat kucing kerap memanjat apa pun untuk mengejar mangsangnya. Selain alasan berburu, memanjat adalah cara kucing bermain, berolahraga, dan menjelajah.

Untuk itu, Anda perlu menyediakan beberapa bentuk pilihan memanjat bagi sahabat bulu seperti rak, lemari kecil, atau tiang panjatan khusus kucing. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.