Kompas.com - 04/08/2021, 11:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk merupakan material penting yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan unsur hara semua tanaman, termasuk jagung.

Terdapat banyak pilihan pupuk yang bisa digunakan untuk pemupukan tanaman jagung. Namun, jika kamu ingin mendapatkan buah jagung yang besar, ada beberapa pilihan pupuk yang perlu diaplikasikan.

Dikutip dari kanal YouTube Channel Pertanian, Rabu (4/8/2021), berikut ini pupuk untuk jagung agar buahnya besar.

Baca juga: Cara Membuat dan Mengaplikasikan Pupuk Cair dari Cangkang Telur

Campuran pupuk NPK Phonska 15-15-15 dan pupuk urea

Pupuk untuk jagung agar buahnya besar bisa menggunakan pupuk NPK Phonska 15-15-15. Sesuai dengan komposisi yang tertulis pada kemasan, pupuk NPK Phonska 15-15-15 mengandung unsur nitrogen 15 persen, fosfat 15 persen, dan kalium 15 persen.

Kementan akan berikan subsidi pupuk bagi petani di Probolinggo, ilustrasi pupuk NPK Phonska.Dok. Humas Kementerian Pertanian RI Kementan akan berikan subsidi pupuk bagi petani di Probolinggo, ilustrasi pupuk NPK Phonska.

Agar buah jagung besar, pupuk NPK phonska 15-15-15 perlu dicampurkan dengan pupuk urea dengan perbandingan 1:1. Aduk kedua pupuk sampai tercampur merata.

Setelah pupuk NPK Phonska dan pupuk urea tercampur merata, taburkan ke media tanam atau tanah di tanaman jagung. Takaran campuran pupuk NPK Phonska dan pupuk urea bisa kamu gunakan dengan satu genggaman tangan.

Satu genggaman tangan campuran pupuk NPK Phonska dan pupuk urea bisa kamu taburkan untuk 2-3 batang tanaman jagung.

Baca juga: Ragam Manfaat Pupuk KCL untuk Tanaman

Lakukan pemupukan jagung dengan campuran campuran pupuk NPK Phonska dan pupuk urea sebanyak dua kali.

Pemupukan pertama dilakukan pada saat 14 hari setelah tanam (HST), lalu pemupukan kedua dilakukan sebelum 40 HST.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.