Kompas.com - 03/08/2021, 20:48 WIB
Ilustrasi tanaman cabai. PIXABAY/PUBLICDOMAINPICTURESIlustrasi tanaman cabai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beragam permasalahan yang kerap terjadi dalam proses budi daya tanaman cabai, satu di antaranya daun cabai keriting.

Daun cabai yang keriting umumnya disebabkan serangan hama thrips, aphids, dan tungau atau kutu putih. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Daun Cabai Keriting, Menguning, dan Rontok

Daun cabai keriting membuat tanaman cabai gagal tumbuh dan pada akhirnya tidak bisa berbuah. Hal ini karena segala macam sel dan zat pertumbuhan daun telah dihabisi hama.

Apabila tanaman cabai milikmu mengalami daun keriting, berikut ini cara sederhana  mengatasinya dikutip dari kanal YouTube Hijau Buah, Selasa (3/8/2021). 

Baca juga: Kenapa Daun Cabai Keriting? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Baca juga: Trik Mudah Mengatasi Daun Cabai yang Mengeriting

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara mengatasi daun cabai keriting

Masukkan 1,5 liter air ke dalam botol semprot, lalu tambahkan sekitar satu sendok makan kurang sabun cuci piring, dan duk-aduk kedua bahan sampai larut merata.

Pastikan tidak menggunakan terlalu banyak sabun cuci piring karena hal tersebut dapat berdampak buruk bagi tanaman cabai. 

Baca juga: Sabun Cuci Piring dan Daun Sirsak Bisa Atasi Daun Cabai Mengeriting

  • Semprot air larutan sabun cuci piring ke daun cabai keriting

Semprotkan air larutan sabun cuci piring ke bagian atas dan bawah daun cabai keriting agar hama kutu daun bisa mati.

Pastikan air larutan sabun cuci piring disemprot secara merata pada daun cabai keriting agar benar-benar membasmi hama. Setelah disemprotkan, dalam beberapa jam ke depan hama kutu-kutuan akan mati. 

Baca juga: Cara Mengusir Hama Tanaman Cabai dengan Kapur Barus

  • Beri micin ke media tanam cabai

Agar tanaman cabai yang mengalami keriting daun bisa tetap berbuah, kamu perlu memberikan tambahan nutrisi menggunakanan micin.

Taburkan sedikit micin sekitar seperempat sendok teh ke media tanam tanaman cabai yang mengalami daun keriting. Sebaiknya, micin dilarutkan terlebih dahulu ke dalam air dan siramkan ke media tanam tanaman cabai.  

Baca juga: Cara Mudah Menangani Daun Keriting pada Tanaman Cabai Rawit

Untuk jumlahnya, larutkan sekitar setengah sendok teh (kurang lebih lima sampai enam gram) micin ke dalam satu liter air. Ingat, jangan memberikan lebih dari jumlah tersebut. 

Aduk larutan micin sampai larut merata, lalu siramkan pada akar dan media tanam tanaman secara perlahan. Siram larutan micin dengan takaran kurang lebih 100 mililiter per tanaman cabai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.