Kompas.com - 01/08/2021, 17:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mengurangi jumlah sampah di bumi, menciptakan rumah dengan konsep zero waste juga dapat menciptakan suasana rumah yang sehat dan hemat energi.

Dengan sistem zero waste, kamu akan terbiasa mengurangi pemakaian dan menggunakan kreativitasmu untuk mendaur ulang barang-barang agar tidak menjadi sampah serta bisa digunakan kembali.

Melansir dari Chariot Energy, Minggu (1/8/2021), berikut ini beberapa perubahan yang bisa dilakukan di rumah.

Baca juga: Unilever Indonesia dan Shopee Dorong Konsumen Terapkan Eco Lifestyle

Kurangi menggunakan barang sekali pakai

Sampah rumah tangga bisa berupa makanan, pakaian, atau peralatan yang digunakan. Kamu bisa memulai mengurangi sampah di rumah dengan memulai menggunakan barang-barang yang bisa didaur ulang.

Hindari membuang barang yang baru digunakan sekali pakai. Jika tidak menggunakannya dalam jangka panjang ,sebaiknya sewa atau pinjam saja dari teman atau keluarga.

Baca juga: 7 Tips Membuat Rumah jadi Semakin Ramah Lingkungan

Hemat penggunaan energi

Sampah jenis ini tidak bisa ditampung di tempat sampah atau tempat daur ulang. Namun, ini berdampak pada pemakaian energi di rumah.

Beberapa hal yang bisa kamu terapkan di rumah adalah mematikan lampu yang tidak digunakan dan beralih ke lampu LED dan menurunkan suhu pemanas air.

Dengan ini, kamu tidak hanya menggunakan lebih sedikit energi di rumah, tetapi juga memakai energi dengan lebih efektif.

Baca juga: 5 Cara Melakukan Perawatan Anjing yang Ramah Lingkungan

Kurangi sampah rumah tangga

Kebanyakan sampah makanan yang dihasilkan dari rumah tangga dapat terurai di tempat pembuangan akhir. Namun, akan lebih baik jika kamu tidak membuang-buang uang untuk makanan yang akhirnya tidak kamu makan.

Untuk mengurangi jumlah makanan yang terbuang di rumah, sebaiknya simpan makanan dalam wadah sehingga lebih awet.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.