Kompas.com - 31/07/2021, 15:16 WIB
Ilustrasi kucing peliharaan, memeluk kucing peliharaan. PIXABAY/MIKHAIL TIMOFEEVIlustrasi kucing peliharaan, memeluk kucing peliharaan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai hewan peliharaan yang sering dirawat banyak orang, kucing terkadang memiliki tingkah laku misterius dalam menunjukkan perasaannya kepada pemiliknya.

Berbeda dengan perilaku anjing yang jelas menunjukkan bagaimana perasaannya kepada pemiliknya, terkadang pemilik kucing harus menerka-nerka apa yang sedang ingin ditunjukkan oleh kucingnya.

Dilansir dari Rover, Sabtu (31/7/2021), kucing sedikit halus dalam pendekatannya, sehingga membuat pemilik sulit mengetahui apa yang sedang ingin ditunjukkan kepadanya, termasuk ketika mereka sedang merasakan rindu terhadap pemiliknya.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Makanan Anjing?

Berikut adalah beberapa tanda bahwa kucing merindukan Anda.

1. Dengkuran dan peregangan ekstra saat Anda tiba di rumah

Sebuah studi dari Public Library of Science (PLOS) mengamati bagaimana kucing berperilaku ketika ditinggalkan selama 30 menit versus beberapa jam. Kucing-kucing yang ditinggalkan lebih lama bereaksi dengan mendengkur dan meregangkan tubuh lebih banyak ketika bertemu kembali dengan pemiliknya.

Menurut penelitian, perilaku penuh kasih sayang ini menunjukkan bahwa kucing Anda senang ketika Anda kembali ke rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Keinginan yang kuat untuk dibelai setelah Anda kembali

Ekspresi kasih sayang kucing lebih halus daripada anjing, jadi perhatikan. Jika kucing Anda melekat secara permanen ke sisi Anda, mengikuti Anda dari kamar ke kamar, dan menggosok kaki Anda, itu adalah caranya untuk mengatakan, "Aku mencintaimu, aku merindukanmu dan perhatikan aku."

Baca juga: Tips Memandikan Kucing Agar Tidak Dicakar

3. Agitasi atau stres saat Anda kembali

Pernahkah Anda memperhatikan perubahan sikap atau perilaku kucing Anda? Mungkin dia tidak sebaik dulu, atau mungkin dia akan melekat atau kucing mengeong saat Anda kembali dari luar rumah.

Beberapa orang mengaitkan reaksi negatif ini dengan kecemasan perpisahan kucing dan pemiliknya.

4. Perilaku merusak

Kucing yang stres dapat mengembangkan kebiasaan buruk untuk melakukan sesuatu, terutama jika dia bosan.

Beberapa kucing yang kesepian akan membuat kekacauan saat Anda pergi, dan kucing yang cemas bahkan mungkin buang air kecil di luar kotak pasirnya.

Halaman:


Sumber Rover
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.