Kompas.com - 31/07/2021, 10:32 WIB
Ilustrasi anjing berada di dalam mobil. PIXABAY/BRENNAN EMERSONIlustrasi anjing berada di dalam mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai pemilik anjing peliharaan, tentu Anda ingin anjing selalu merasa nyaman dan dapat menemani Anda. Namun, ketika naik mobil, beberapa anjing merasa tidak nyaman, entah itu karena mabuk perjalanan atau ketidaktahuan di sekitar mereka.

Perjalanan ke taman, kafe, atau bahkan dokter hewan mungkin tidak selalu dapat dilalui dengan berjalan kaki dan akan membutuhkan mobil, yang bisa sangat menegangkan bagi anjing.

Namun, dengan mempersiapkan anjing dengan pengalaman naik mobil yang singkat dan menyenangkan, Anda bisa membuatnya nyaman untuk perjalanan lainnya.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Makanan Anjing?

Baik Anda memiliki anak anjing atau anjing dewasa mereka percaya pada pemiliknya. Dengan kepercayaan itu dan banyak penguatan positif, Anda membuat anjing nyaman saat mengendarai mobil dan pengalaman baru lainnya.

Dilansir dari Daily Paws, Sabtu (31/7/2021), berikut beberapa hal yang harus dilakukan anjing nyaman dan tidak mual di mobil.

1. Perkenalkan ke mobil

Bawa anjing ke mobil dan sudah menunggu suguhan favorit mereka di bagian mobil yang Anda inginkan agar anjing terbiasa di dalamnya. Dengan cara ini saat Anda membuka pintu, Anda dapat mengajak anjing untuk melompat ke dalam untuk mengambil camilan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikan hadiah lain begitu mereka masuk ke mobil. Begitu masuk, Anda harus duduk di kursi pengemudi dan menghabiskan waktu bersantai di dalam mobil.

Baca juga: Penjelasan Dokter Hewan Tentang Perilaku Anjing Menjilati Pemiliknya

Ini memungkinkan anjing untuk melihat bahwa mobil adalah tempat di mana Anda merasa nyaman, sehingga mereka harus merasakan hal yang sama.

Ingatlah bahwa anjing secara implisit memercayai dan dapat membaca perasaan Anda, sehingga semakin baik suasana dan sikap yang dapat Anda atur, semakin baik pula pengalaman anjing. Cobalah bersantai di dalam mobil bersama setidaknya tiga kali sebelum melakukan perjalanan yang sesungguhnya.

2. Ajak anjing jalan-jalan singkat naik mobil

Jika Anda khawatir anjing akan muntah, atau dalam perjalanan sebelumnya anjing muntah di mobil, anjing sebaiknya "puasa" selama 2–4 jam sebelum naik mobil. Jika anjing enggan masuk ke dalam mobil, ada baiknya mendorongnya dengan sedikit camilan bahkan jika Anda khawatir akan muntah.

Anda dapat menempuh dua cara dengan perjalanan pertama mereka. Pertama, perjalanan singkat yang menyenangkan dan mudah di sekitar rumah sehingga anjing dapat melihat bahwa itu aman.

Halaman:


Sumber Daily Paws
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.