Kompas.com - 29/07/2021, 09:24 WIB
Ilustrasi jendela, membuka jendela. SHUTTERSTOCK/BLACKDAYIlustrasi jendela, membuka jendela.

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang kegiatan membuka jendela rumah setiap hari sering kali dilupakan beberapa orang. Padahal, kegiatan membuka jendela ini adalah solusi yang memberikan ruangan udara yang lebih segar.

Melansir dari The Gurdian, Kamis (29/7/2021), menutup jendela sepanjang hari akan memungkinkan bahan kimia dan alergen menumpuk di dalam rumah.

Bahkan, ketika Anda tinggal di kota yang tercemar, Anda harus membuka jendela dari waktu ke waktu.

Baca juga: 5 Gaya Perawatan Jendela yang Dapat Mempercantik Ruang Tamu

“Jika Anda tinggal di dekat jalan yang sangat sibuk, Anda mungkin tidak ingin jendela terbuka sepanjang waktu, tetapi Anda perlu ventilasi, dan membuka jendela di malam hari, saat lalu lintas berkurang, bisa menjadi pilihan yang baik," kata Dr Paul Young dari Lancaster University.

Selain itu, faktor terbesar yang mempengaruhi kualitas udara di rumah adalah kelembapan dalam ruangan. Membuka jendela setiap hari selama kurang lebih 10 hingga 15 menit dapat menghilangkan kelembapan dan segala jamur di dinding.

Tanaman akan membantu, tetapi tidak banyak

Penelitian oleh NASA pada 1980-an menemukan bahwa tanaman memang menghilangkan polutan beracun dari udara. Namun, penelitian ini dilakukan di lingkungan tertutup, mirip dengan kondisi di luar angkasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kembali ke Bumi, tanaman akan meningkatkan kualitas udara, tetapi tidak sebanyak yang Anda kira.

Baca juga: Cara Membersihkan Jendela Pakai Cuka agar Lebih Bersih

“Kecuali Anda memiliki hutan hujan di rumah Anda, efeknya bisa terasa. Anda perlu memiliki banyak tanaman untuk melihat efek yang berarti pada kualitas udara karena bangunan tidak sepenuhnya kedap udara karena selalu ada udara yang masuk dari luar," jelas Prof Pawel Wargocki dari Technical University of Denmark.

Minimalkan polusi udara di rumah

Untuk meminimalisir polusi yang ada di dalam rumah selain membuka jendela, saat memasak, pastikan Anda menyalakan kipas angin, dan jangan merokok di dalam ruangan. Asap bisa terjebak di dalam ruangan untuk waktu yang lama.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.