Kompas.com - 28/07/2021, 14:50 WIB
Ilustrasi ikan cupang halfmoon. SHUTTERSTOCK/PANPILAI PAIPAIlustrasi ikan cupang halfmoon.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cacing sutra merupakan salah satu jenis makanan yang bisa diberikan pada ikan cupang selain jentik nyamuk dan kutu air. 

Tidak sedikit pencinta ikan cupang percaya bahwa cacing sutra merupakan makanan yang ampuh memperbesar ikan cupang. Namun, cacing sutra nyatanya bisa merugikan ikan cupang apabila diberikan secara berlebih. 

Baca juga: 3 Tips Perawatan Ikan Cupang yang Baru Dibeli agar Tetap Sehat

Dikutip dari kanal YouTube Ikan Cupang Channel, Rabu (28/7/2021), cacing sutra bisa sangat berbahaya bagi ikan cupang, khususnya ikan cupang remaja.

Saat ikan cupang masih remaja, ikan akan makan terus-menerus sampai perutnya membesar hingga tidak kuat berenang. Apabila ikan cupang remaja memakan cacing sutra secara berlebihan, hal itu bisa mengakibatkan kematian.

Karena itu, kamu harus betul-betul memperhatikan takaran pemberian cacing sutra untuk pakan ikan cupang

Baca juga: Kenapa Ikan Cupang Bertarung? Ternyata Ini Penyebabnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, tidak semua cacing sutra memiliki tekstur lembut dan halus seperti rambut. Beberapa ada yang berukuran besar dan panjang.

Cacing sutra berukuran besar ini menjadi salah satu faktor penyebab kematian pada ikan cupang remaja lantaran membuat perut ikan cupang tidak bisa mencernanya dengan baik. 

Baca juga: Kenali, Ini Ciri-ciri Ikan Cupang Betina yang Siap Kawin

Dibanding pakan yang lain, cacing sutra juga menjadi pakan yang sulit dicerna ikan cupang. Ikan cupang yang memakan cacing sutra berlebihan atau berukuran besar juga bisa mati dengan kondisi perut tampak merah. 

Dikutip dari kanal YouTube Kribo Plong, ikan cupang yang memakan cacing sutra secara berlebihan juga bisa mengakibatkan kematian yang mengerikan. 

Baca juga: Cara Mengolah Daun Ketapang Agar Mutasi Ikan Cupang Menjadi Cepat

Saat memakan cacing sutra berlebihan, perut ikan cupang bisa menjadi bolong dan mengeluarkan cacing sutra.

Dengan mengetahui segala risiko yang dijelaskan di atas, jangan sembarangan memberikan cacing sutra untuk pakan ikan cupang milikmu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.