Kompas.com - 28/07/2021, 07:27 WIB
ilustrasi kamar tidur Unsplash/Spacejoyilustrasi kamar tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada musim kemarau, cuaca panas membuat kamar tidur yang seharusnya menjadi tempat yang nyaman menjadi panas. Dengan suhu di dalam kamar tidur yang panas, kerap kali tidur menjadi tidak nyaman pula.

"Kamar tidur yang panas dapat berdampak pada kenyamanan kita," kata Simon Williams dari National Bed Federation (NBF) seperti dikutip dari Ideal Home, Rabu (28/7/2021).

Menurut Williams, suhu tubuh kita harus menurun sebelum tidur. Oleh sebab itu, ini yang menjadi alasan mengapa kita tidak bisa tidur ketika kepanasan.

Baca juga: Seberapa Sering Seprai Harus Dicuci Saat Cuaca Panas?

Adapun Williams menyatakan, suhu kamar tidur yang ideal adalah antara 16 hingga 18 derajat celcius. Sehingga, akan menjadi sulit untuk merasa nyaman di ruangan yang panas dan pengap, yang membuat banyak orang kesulitan tidur di malam hari saat cuaca panas.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara mudah membuat kamar tidur terasa sejuk saat cuaca panas, berikut beberapa di antaranya.

Ilustrasi kamar tidurUnsplash/Spacejoy Ilustrasi kamar tidur

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Blokir cahaya

Hindari menyibak gorden pada siang hari untuk mencegah sinar matahari. Gorden anti tembus pandang dibuat untuk cuaca seperti ini dan akan menghalangi cahaya sambil membiarkan udara masuk.

Lampu dan peralatan elektronik pun dapat menghasilkan banyak panas, jadi matikan kecuali Anda membutuhkannya.

Baca juga: 5 Penyebab AC Tidak Dingin dan Mengeluarkan Angin Panas

"Untuk memulai, pertimbangkan faktor-faktor seperti arah jendela Anda menghadap' kata Jason Peterkin, direktur di 247 Blinds.

Jika Anda ingin benar-benar menghalangi sinar matahari, pilihlah gorden anti tembus pandang. Kain tebal tidak hanya akan membantu mengatur suhu rumah, tetapi juga memastikan Anda mendapatkan tidur malam yang lebih baik selama cuaca panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber ideal home
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.