Kompas.com - 27/07/2021, 22:57 WIB
Ilustrasi ruang tamu Unsplash/SpacejoyIlustrasi ruang tamu

JAKARTA, KOMPAS.com--Rumah yang tampak rapi dan nyaman tentu menjadi idaman banyak orang. Untuk mewujudkan hal itu, kita sering membersihkan dan menata kembali rumah. 

Namun jika kamu sudah rajin membersihkan namun rumah masih tetap terlihat berantakan, mungkin ada yang salah dengan dekorasi ruanganmu.

Pasalnya, beberapa kesalahan dekorasi justru bisa membuat rumah tampak semakin berantakan. Berikut adalah beberapa kesalahan dekorasi yang bisa membuat rumah tampak semakin berantakan seperti dilansir dari Better Homes & Gardens, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: 10 Kiat Dekorasi Rumah yang Perlu Diketahui Sebelum Berusia 30 Tahun

1. Menggunakan rak terbuka

Rak terbuka adalah tempat yang tepat untuk menyimpan buku dan memajang barang koleksi atau karya seni, tetapi rak ini justru akan membuat rumah tampak berantakan ketika isinya terlalu penuh. 

Saat mendekorasi rak buku atau rak built-in, jangan memenuhi setiap inci ruang dengan buku dan aksesori. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih bersih, atur letak dari buku atau aksesori yang kamu letakkan dan sisakan ruang kosong.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamu juga harus menghindari penggunaan penyimpanan terbuka untuk meletakkan barang-barang elektronik dan kabel atau untuk meletakakan game konsol, pemutar film, dan mainan.

Barang-barang ini sebaiknya disimpan di dalam lemari, kotak, atau keranjang untuk efek yang tidak terlalu berantakan.

2. Terlalu banyak warna

Dekorasi dengan terlalu banyak warna juga bisa membuat rumah menjadi berantakan. Gunakan satu atau dua warna yang dikombinasikan dengan warna-warna netral untuk memberi rumah tampilan yang kohesif dan santai.

Untuk itu, pilihlah warna-warna pastel dan usahakan tak melibatkan banyak warna pada satu ruangan sekaligus.

Baca juga: Panduan Memilih Karpet yang Tepat, Sesuai Ukuran Sofa di Ruang Tamu

3. Terlalu banyak bantal beraksen

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.