Kompas.com - 27/07/2021, 10:39 WIB
Ilustrasi mengecat dinding. SHUTTERSTOCK/BOGDANHODAIlustrasi mengecat dinding.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seringkali, permukaan lantai yang banyak barang akan mengesankan rumah yang berantakan dan kotor. Namun, ternyata tak hanya hal itu, penyebab rumah terkesan lebih berantakan dan kotor juga bisa terjadi karena pemilihan warna cat yang salah.

Melansir dari Better Homes & Gardens, Selasa (27/7/2021), terutama di daerah lalu lintas tinggi, menjaga dinding bersih dari kotoran, debu, lecet, dan cipratan adalah kegiatan sehari-hari.

Membersikan dinding sesering mungkin dapat membantu mencegah bekas dan noda, tetapi rahasia dinding yang masih asli sebenarnya terletak pada catnya.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mengecat Dinding Rumah

Warna cat, jenis cat, dan teknik pengaplikasian tertentu dapat mengakibatkan dinding tampak lebih kotor dan lebih sulit dibersihkan. Hindari kesalahan cat umum ini untuk dinding yang terlihat bersih dan tetap bersih lebih lama.

Ilustrasi cat.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi cat.

1. Warna cat terlalu terang

Jika Anda khawatir dengan dinding yang kotor, putih cerah mungkin adalah warna cat yang paling tidak dapat dipilih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

"Setiap tanda atau noda akan menonjol di dinding berwarna terang. Alternatif lainnya adalah carilah warna cat netral nada menengah yang dapat membantu menyembunyikan kotoran dan ketidaksempurnaan," kata Dee Schlotter, manajer pemasaran warna senior untuk merek cat PPG.

Dia menyarankan warna abu-abu hangat yang dapat membantu menyembunyikan sidik jari di area lalu lintas tinggi seperti ruang bermain atau dapur.

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Mengganggu Kualitas Tidur

2. Cat terlalu murah

Untuk hasil akhir yang terlihat paling bersih, menggunakan cat berkualitas tinggi adalah suatu keharusan.

Kualitas produk yang digunakan akan memengaruhi hasil dan membuat perbedaan dramatis dalam performa, keawetan, dan ketahanan produk.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.