Kompas.com - 15/07/2021, 12:13 WIB
Ilustrasi kamar tidur, furnitur kamar tidur. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi kamar tidur, furnitur kamar tidur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Skema warna monochrome atau monokrom dapat memberikan tampilan ruangan yang trendi dan berenergi. Namun, perlu diketahui bahwa warna monokrom tak selalu hitam dan putih.

Monokrom merupakan warna tunggal. Dengan memilih palet warna monokrom berarti berkomitmen pada satu warna untuk menciptakan ruang yang terasa dipersonalisasi. 

Baca juga: 5 Inspirasi Dekor Kamar Kos Bertema Monokrom

Namun, tak perlu khawatir, warna monokrom bisa dipadukan dengan berbagai corak untuk membantu ruang terasa kohesif, terutama jika monokrom melampaui warna cat, perabotan, dan dekorasi.

Lantas, apa saja pilihan warna monochrome selain hitam dan putih?

Melansir dari Real Simple, Kamis (15/7/2021), berikut ini lima pilihan warna monokrom yang cantik dan menarik. 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Ruang Tamu Monokromatik yang Hadirkan Nuansa Elegan 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Moody blues

Tampil berani dan dramatis dengan nuansa biru tua dapat membantu menciptakan perasaan tenang. Pasangkan dengan dua nada lebih gelap untuk tampilan mencolok atau seimbangkan dengan warna lebih terang untuk sedikit lebih menyenangkan.

Untuk ruangan yang lebih kecil, gunakan warna lebih gelap dengan hemat agar ruangan tidak terasa terlalu gelap. 

Baca juga: Ingin Tidur Nyenyak? Hindari Mengecat Dinding Kamar dengan Warna Ini

Pink

Pink atau merah muda sebetulnya adalah pilihan warna monochrome yang cocok untuk semua orang. Semburan warna pink bercampur ungu yang cerah berfungsi sebagai titik fokus dengan nuansa pink yang lebih lembut dan halus untuk mengisi sisa ruangan.

Cobalah mengaplikasikan warna paling berani dalam dosis kecil pada bantal, dinding aksen, atau bingkai jendela. Selain itu, imbangi dengan warna pink hampir putih pada dinding, langit-langit, serta trim. 

Baca juga: 8 Warna Pintu Rumah Pembawa Energi Positif Menurut Feng Shui

Kuning cerah

Nuansa kuning dapat membantu mencerahkan ruang, bahkan membuat penghuninya lebih bahagia. Seimbangkan nada cerah dari kuning klasik dengan rona yang lebih halus pada trim, langit-langit, atau area aksen agar tidak terasa berlebihan.

Tampilan warna monokrom ini terasa lembut dan cukup memberikan kesan ruang yang kohesif.  

Baca juga: Sulit Tidur? Coba Ganti Seprai dengan Warna Ini

Abu-abu

Warna abu-abu memiliki sedikit momen, tetapi warna ini cocok untuk segala hal sehingga membuktikan sebagai warna cat yang sangat baik untuk berbagai ruangan di rumah seperti ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, dan lainnya.

Palet warna ini memiliki empat gradasi abu-abu yang dapat menciptakan tampilan ruang monokrom yang tidak terasa membosankan.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.