Kompas.com - 14/07/2021, 13:15 WIB
Ilustrasi tanaman anggrek Unsplash/Amin Hosseinzadeh FARDNIAIlustrasi tanaman anggrek

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk merupakan material yang diperlukan untuk mencukupi kebutuhan hara pada setiap tanaman, termasuk anggrek.

Setelah diberi pupuk atau melakukan proses pemupukan, hal tersebut bisa membuat bunga anggrek menjadi lebih sehat, subur, lebat, dan cepat berbunga. 

Baca juga: Ragam Manfaat Pupuk TSP untuk Tanaman

Akan tetapi, tidak semua jenis pupuk yang ada di pasaran bisa digunakan untuk tanaman anggrek. Hal ini tergantung pada kebutuhan yang diperlukan. 

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (14/7/2021), berikut ini adalah beberapa pilihan pupuk untuk tanaman anggrek

Baca juga: Cara Penyemprotan Larutan Pupuk Daun pada Aglonema

Pupuk dekastar

Pupuk dekastar (decastar fertilizier) bisa menjadi salah satu pupuk pilihan yang digunakan untuk bunga anggrek. Pupuk dekastar menjadi pupuk yang direkomendasikan untuk pemupukan bunga anggrek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penggunaan pupuk dekastar dianggap paling cocok dan aman untuk bunga anggrek, terlebih bagi  pemula. Pupuk dekastar tidak membuat bunga anggrek menjadi layu dan tidak pula membuatnya mati. 

Baca juga: Tips Pemupukan Tanaman Anggrek agar Cepat Berbunga

Namun, terdapat dua jenis pupuk dekastar yang memiliki tujuan berbeda untuk anggrek. Pertama, pupuk dekastar dengan kadar N (nitrogen) yang rendah atau kecil dari kadar P (phospat) dan K (kalium) berkhasiat membuat tanaman anggrek rajin berbunga.

Kedua, pupuk dekastar yang kadar N-nya lebih tinggi dari P dan K, itu secara khusus berfungsi dominan untuk pertumbuhan batang, akar, dan daun bunga anggrek, bukan pembungaan.

Untuk pengaplikasian, cukup taburkan atau meletakkan pupuk dekastar ke bagian dekat akar bunga anggrek. 

Baca juga: Mudah Banget, Ini Cara Menanam dan Merawat Anggrek di Pot

Pupuk growmore 32-10-10

Untuk pertumbuhan bunga anggrek, kamu bisa menggunakan pupuk growmore 32-10-10. Caranya, larutkan dua gram pupuk growmore 32-10-10 ke dalam satu liter air, lalu semprotkan secukupnya secara merata ke bagian daun, akar, batang, dan bunga anggrek yang dimiliki. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.