Kompas.com - 14/07/2021, 11:29 WIB
Ilustrasi pendingin ruangan atau AC (air conditioner), menyalakan AC. SHUTTERSTOCK/TOMMASO79Ilustrasi pendingin ruangan atau AC (air conditioner), menyalakan AC.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berada di sebuah ruangan dengan pendingin ruangan atau AC yang menyala, orang-orang dihimbau untuk tidak merokok di dalamnya.

Terkait larangan merokok di ruangan ber-AC, mungkin kamu menganggap bahwa hal tersebut bisa menganggu kenyamanan.

Tapi, pada kenyataannya, ada alasan tertentu mengapa seseorang dilarang merokok di ruangan ber-AC, yang mana ini bisa berpengaruh terhadap kondisi AC dan kesehatan seseorang.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Ruangan Tetap Dingin Setelah AC Dimatikan

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (14/7/2021), berikut ini adalah alasan mengapa seseorang dilarang merokok di ruang ber-AC.

1. Asap rokok tidak bisa keluar

Karena ruangan ber-AC selalu tertutup, maka asap rokok dari seseorang yang merokok tidak bisa keluar. Jadi, apabila kamu merokok di ruangan yang menyalakan AC, maka asap rokok hanya berputar di sekitaran ruangan.

2. Mengubah warna badan komponen indoor

Saat merokok di ruangan ber-AC yang menyala, itu membuat badan komponen indoor AC berubah warna. Komponen indoor AC yang tadinya berwarna putih bisa menjadi kotor dan berubah menjadi kekuningan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini bisa terjadi karena kandungan nikotin dari rokok yang masuk bersamaan dengan asap rokok menuju badan AC.

Baca juga: Catat, Ini Suhu AC Terbaik untuk Menghemat Biaya Listrik

Warna kuning yang muncul pada komponen indoor AC juga sangat susah dibersihkan, sekalipun dibersihkan dengan sabun atau detergen secara.

Komponen indoor AC yang menguning pada akhirnya merusak tampilan badan AC, sehingga terlihat seperti AC lama yang tidak terawat.

Tak sampai di situ, pergantian warna pada komponen indoor AC lama kelamaan akan mengakibatkan pengeroposan, karena zat nikotin yang terus menerus mengenai badan AC.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.