Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memaksimalkan Ruang pada Hunian yang Sempit

Kompas.com - 13/07/2021, 23:33 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com-- Peran rumah telah berkembang selama beberapa tahun terakhir, tak hanya sebagai tempat tinggal, rumah juga menjadi tempat untuk bekerja, berolahraga, dan bahkan berlibur,

Untuk itu, kita perlu dengan bijaksana memenuhi kebutuhan kita akan ruangan, terlebih bila hunian yang kita miliki tidaklah luas.

Berikut adalah tips memaksimalkan ruang pada hunian yang sempit seperti dilansir dari Times of India, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk yang Membuat Rumah Kotor

1. Rapikan rumah

Ketika tinggal di sebuah ruangan kecil, sebagian besar disarankan untuk memulai dengan menjaga rumah agar tak terlihat berantakan.

Karena, banyaknya barang yang berserakan akan membuat rumah menjadi tampak lebih sempit. Untuk itu, jika sudah mulai berantakan, segera bersihkan rumah dan tata kembali ruang dengan hati-hati.

Petakan semua ruang yang ada di rumah, dan ruang mana yang sekiranya bisa dialihfungsikan menjadi ruang baru untuk kebutuhan keluarga, misalnya ruang belajar atau bekerja karena kebijakan di rumah saja yang ditetapkan pemerintah saat ini. 

Jika sudah diputuskan, ubah dan segera singkirkan barang-barang yang tak lagi kamu gunakan untuk memberikan ruang akan barang baru yang mungkin kamu beli untuk memenuhi kebutuhanmu.

Baca juga: Tips Sukses Membangun Rumah Mungil

2. Dapur ganda dan ruang makan

Dapur lebih dari sekadar area memasak karena berfungsi ganda sebagai ruang makan yang dengan aroma hidangan yang dimasak dan dibuat dengan cinta.

Taklukkan seni menggunakan ruang ini secara cerdik dengan menggabungkan meja dapur dan ruang makan sambil menempatkan dua atau tiga kursi.

 

Hal ini sudah cukup membuat rumah memiliki ruang makan, tanpa perlu menghabiskan ruang

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com