Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memperkenalkan Kucing Baru ke Kucing Lama agar Cepat Akur

Kompas.com - Diperbarui 16/05/2023, 14:36 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berencana menambah kucing peliharaan baru ke rumah, penting untuk memikirkan tentang keberadaan kucing peliharaan yang sudah lama dirawat.

Sebab, bisa saja kucing peliharaan yang lebih dulu dirawat merasa tidak senang dengan kehadiran kucing baru sehingga menimbulkan perkelahian. 

Baca juga: 6 Faktor yang Mempengaruhi Usia Kucing Persia

Karena itu, kamu perlu menemukan cara agar kucing baru dan kucing lama bisa saling akur. 

ilustrasi cara membuat kucing baru nyaman di rumah.iStockphoto/PrathanChorruangsak ilustrasi cara membuat kucing baru nyaman di rumah.

Dikutip dari kanal YouTube Kucing Cemara, berikut ini cara memperkenalkan kucing baru ke kucing peliharaan yang lama agar bisa akur.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kucing Menjadi Agresif

1. Siapkan kandang kucing

Saat hendak menambah kucing peliharaan baru ke rumah, siapkan kandang terlebih dahulu untuk menjadi tempat tinggal mereka sementara.

Pastikan kandang memiliki jeruji sehingga kucing baru bisa melihat kondisi luar kandang dan kucing lamamu bisa melihat dari alam kandang. 

Baca juga: 4 Perilaku Manusia yang Membuat Kucing Bahagia

2. Masukkan kucing baru ke kandang

Setelah membawa ke rumah, segera masukkan kucing baru ke dalam kandang agar tidak terjadi perkelahian dengan kucing peliharaanmu yang lama.

Biarkan kucing baru di kurung di dalam kandang selama beberapa hari (paling lama seminggu) untuk menjelajah tempat tinggal barunya dengan aman.

Pastikan mendekatkan kucing peliharaanmu yang lama ke kandang yang berisi kucing baru. Hal tersebut bertujuan agar kedua kucing terbiasa bersama dan aroma tubuh kedua kucing bisa diterima satu sama lain.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com