Kompas.com - 08/07/2021, 18:33 WIB
Ilustrasi toilet ShutterstockIlustrasi toilet

JAKARTA, KOMPAS.com--Karena pemakaian, dudukan pada toilet akan longgar. Hal ini bisa membahayakan pemakainya yang bisa saja terjatuh lantaran dudukan toilet yang longgar.

Mengapa dudukan toilet kendor seiring waktu, dan bagaimana memperbaikinya? Berikut adalah tips yang bisa kamu coba, dilansir dari Roohome, Kamis (8/7/2021).

Dalam kebanyakan pemasangan dudukan toilet, hanya ada beberapa baut yang menahan dudukan toilet ke mangkuk. Biasanya, beberapa perangkat yang menahan dudukan terbuat dari plastik.

Itulah mengapa saat dipakai untuk menahan berat badan siapapun yang menggunakan toilet dudukmu, atau menyebabkan tekanan pada dudukan, komponen plastik itu akan digerus oleh baut yang menempel.

Akibatnya, antara perangkat keras yang longgar dan plastik yang terkikis, dudukan toilet akan mulai bergerak dan goyang.

Baca juga: Hati-hati, 6 Benda di Rumah Ini Lebih Kotor dari Toilet

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara mengencangkan kembali dudukan toilet yang longgar

Untungnya, dudukan toilet yang longgar bisa dikencangkan sendiri. Kamu hanya memerlukan beberapa menit untuk membuatnya kembali kencang seperti semula dan tak lagi membahayakan penghuni tumah.

Sebagian besar kursi toilet memiliki tutup plastik di atas baut, yang dapat dengan mudah "dilepas" dengan obeng pipih atau alat serupa.

Setelah kamu bisa melihat kepala baut, temukan obeng yang sesuai dengan ulir baut. Jika kamu memiliki "wingnuts" yang menahan baut, ini dapat dipegang saat mengencangkan bagian atas. Jika tidak memilikinya, ambil set kunci pas atau tang untuk menahan mur di tempatnya.

Setelah memiliki alat yang tepat, cukup kencangkan baut sampai kursi benar-benar aman di kedua sisi, berhati-hatilah agar tidak terlalu kencang, 

Baca juga: 4 Benda di Toilet yang Harus Diganti Secara Berkala

Cara menjaganya dudukan toilet agar tetap kencang

Ada cara untuk menjaga kursi toilet tetap kencang dalam waktu lama.

Halaman:


Sumber Roohome
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.