Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2021, 21:05 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber The Spruce

2. Bunuh lalat dengan cara mekanis

Menyingkirkan lalat yang ada di rumah paling baik dilakukan dengan kombinasi membunuh mereka dengan pemukul lalat dan menjebaknya.

 

Kamu mungkin berpikir bahwa kamu tidak memiliki keahlian khusus untuk menggunakan pemukul lalat, tetapi kamu akan berhasil jika menunggu lalat hinggap di dinding atau jendela, mendekat perlahan dengan pemukul lalat, lalu pukul dengan pukulan tiba-tiba.

Namun, pemukul lalat tidak boleh digunakan di dekat area makanan, dan harus didesinfeksi setelah digunakan.

Kamu juga bisa menggunakan perangkap lalat komersial yang banyak dijual di pasaran. Banyak dari ini menggunakan wadah tertutup dengan penyekat tengah, di mana lalat masuk saat mereka mencoba mencapai umpan feromon.

Kamu juga dapat membuat umpan sendiri hanya dengan mencampur gula atau molase dengan air. Botol soda plastik biasa yang diisi dengan air manis membuat perangkap lalat buatan sendiri yang cukup bagus.

Baca juga: Catat, Serangga-serangga yang Bermanfaat di Halaman Rumah

Kamu juga dapat membeli kertas tempel atau strip berbagai jenis untuk menjebak lalat. Digantung di udara atau ditempelkan di jendela, produk ini akan menjebak lalat yang hinggap di atasnya.

 

Terakhir, ada perangkap lalat ultraviolet dalam ruangan yang memikat lalat dengan cahaya, lalu menjebaknya dengan bantalan lengket sekali pakai.

Perangkap dalam ruangan jenis ini harus ditempatkan tidak lebih dari 1,5 meter di atas lantai, di lokasi yang tidak dapat dilihat melalui jendela dan tempatkan perangkap ultraviolet jauh dari sumber cahaya yang lebih terang dan jauh dari area makanan biasa disiapkan.

Baca juga: 5 Cara Membasmi Lalat Buah yang Terus-Menerus Muncul di Rumahmu

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com