Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Memberi Pupuk Tanaman Lidah Mertua, Jenis hingga Caranya

Kompas.com - 01/07/2021, 08:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria dikenal sebagai tanaman yang perawatannya tidak sulit dan tidak mudah mati pula. Meskipun demikian, lidah mertua tetap membutuhkan pupuk.

Lidah mertua memang tidak membutuhkan banyak pupuk. Walau begitu, lidah mertua tetap perlu diberi pupuk agar memperoleh nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap hidup dan tumbuh dengan baik.

Nah, apa pupuk yang dibutuhkan tanaman lidah mertua dan cara mengaplikasikannya? Dikutip dari Succulent Thrive, Kamis (1/7/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: Pupuk Emulsi Ikan Bisa Suburkan Tanaman, Asal Digunakan dengan Tepat

1. Pupuk apa yang dibutuhkan lidah mertua?

Tanaman membutuhkan nutrisi untuk menumbuhkan semua bagian tanaman seperti daun, akar, dan lainnya. Di samping itu, pupuk juga dibutuhkan untuk mendorong bunga agar mekar.

Cara terbaik adalah menggunakan pupuk berimbang yang dapat mendorong pertumbuhan lebih cepat. Anda dapat memilih baik pupuk kimia maupun pupuk organik untuk memberi makan tanaman lidah mertua. 

Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan. PEXELS/CHARLOTTE MAY Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan.

Sebaiknya, beri pupuk yang mengandung unsur hara makro utama untuk lidah mertua, antara lain nitrogen, fosfor, dan kalium, alias pupuk NPK.

Anda bisa menggunakan pupuk tanaman yang seimbang untuk lidah mertua, yang berarti akan ada persentase yang sama dari ketiga unsur hara makro dalam pupuk itu.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk dari Kotoran Ayam

Dalam hal pemupukan lidah mertua, Anda juga bisa menggunakan pupuk yang dirancang untuk sukulen dan kaktus. Jika Anda ingin menggunakan pupuk yang dirancang khusus untuk lidah mertua, gunakan pupuk NPK 10-10-10 atau pupuk NPK 20-20-20.

Selain ketiga unsur hara utama tersebut, mungkin ada beberapa pupuk yang juga mengandung zat besi tembaga, boron, dan seng.

Ada pula pupuk organik seperti kompos cacing, tepung darah, gluten jagung tepung alfalfa yang akan bekerja dengan baik pada tanaman ini. Pupuk organik ini terdiri dari makronutrien dan vitamin dan beberapa hormon tanaman juga.

2. Seberapa sering harus memberi pupuk ke lidah mertua?

Tanaman lidah mertua tidak terlalu bergantung pada pupuk. Namun, jika Anda memberi mereka pupuk beberapa kali dalam setahun, maka tanaman ini akan cenderung tumbuh dengan baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com