Kompas.com - 30/06/2021, 17:34 WIB
Ilustrasi kucing menatap pemiliknya. SHUTTERSTOCK/YURIY SELEZNEVIlustrasi kucing menatap pemiliknya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memiliki tingkah yang lucu dan unik, salah satunya suka menjilat. Mulai dari, tubuhnya yang merupakan tindakan perawatan diri, hingga menjilati pemiliknya.

Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (30/6/2021), banyak orang beranggapan bahwa kucing menjilati pemiliknya sebagai tanda cinta yang sebenarnya. 

Baca juga: 4 Penyebab Mata Kucing Belekan

Meski sulit menentukan apakah kucing merasakan emosi yang kompleks seperti cinta, menjilat adalah tanda kasih sayang.

Sebenarnya, ada berbagai alasan kucing menjilati manusia, tetapi kebanyakan ingin  menunjukkan kasih sayang. Berikut ini alasan kucing suka menjilati pemiliknya

Tanda kasih sayang

Sama dengan pemiliknya yang menunjukkan kasih sayang kepada kucing dengan mengelusnya, kucing mencoba membalasnya dengan menjilati pemiliknya. 

Baca juga: Riset: Kucing Cenderung Meniru Kepribadian Pemiliknya

Anak kucing akan menggunakan jilatan sebagai cara meredakan kecemasan seperti halnya manusia menggunakan pelukan. Jika kucing suka menjilati Anda, itu berarti ia ingin mendapatkan kasih sayang sebagai balasannya. 

Menandai wilayah 

Kucing menggunakan feromon untuk menandai wilayah mereka. Kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa kucing menandai properti dengan mengencingi sesuatu. 

Baca juga: 3 Cara Alami dan Praktis Mengatasi Bau Mulut pada Kucing

Selain itu, kucing juga dapat menandai wilayah mereka dengan cara lain. Menjilati dan menggosok kepala adalah cara kucing mengklaim Anda sebagai bagian dari miliknya dengan penuh kasih sayang.

Ketika kucing menjilat atau menggosok Anda, itu menegaskan kembali bahwa Anda penting baginya dan mereka ingin semua kucing lain tahu.

Anda mungkin memperhatikan bahwa terkadang kucing lain menghindar dari Anda. Hal ini mungkin mereka mencium bahwa Anda milik kucing lain. 

Baca juga: Kucing Tidak Boleh Diberi Makan Tempe, Ini 4 Efek Buruknya

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.