Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 17/04/2023, 13:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer bermanfaat untuk membekukan berbagai makanan, sehingga dapat awet dalam waktu cukup lama. Namun demikian, perawatan freezer juga harus dilakukan dengan cermat.

Salah satu hal yang harus rutin dilakukan adalah defrosting atau mencairkan es yang ada di dalam freezer. Dilansir Woman and Home, defrosting akan membantu freezer menjadi lebih efisien, yang pada gilirannya akan membantu Anda menghemat uang pula.

Lagi pula, jika freezer penuh dengan bunga es, maka freezer harus bekerja ekstra keras untuk memastikan isinya tetap segar dan dalam kondisi prima, yang membuat tagihan listrik yang lebih tinggi.

Baca juga: 4 Cara Menata Makanan di Freezer

Ilustrasi freezer.Shutterstock/Fevziie Ilustrasi freezer.

Defrosting freezer harus disertakan dalam rutinitas pembersihan dapur Anda, mengingat itu juga merupakan kesempatan yang bagus untuk menyingkirkan sisa makanan yang telah disimpan terlalu lama.

Selain itu, defrosting freezer juga dapat membantu menyediakan ruang di freezer untuk lebih banyak makanan.

Seberapa sering harus defrosting freezer?

Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan itu dan cara termudah untuk mengetahui apakah freezer harus dicairkan adalah dengan mengawasi jumlah bunga es yang ada di dalamnya.

Anda harus mencairkan freezer Anda setiap kali terbentuk lapisan es di permukaan bagian dalam, kata Edward Jonkler, direktur pelaksana Remora Cleaning Ltd.

Baca juga: 5 Wadah Terbaik untuk Diletakkan di Freezer

Seberapa sering hal ini terjadi bervariasi dari satu freezer ke freezer lainnya, tetapi secara umum, Anda hanya perlu melakukannya setahun sekali, saran Jonkler.

Namun, menurut dia, tidak ada yang namanya melakukannya "terlalu sering" jadi jika Anda ingin memasukkannya ke dalam praktik pembersihan dua tahunan atau bahkan triwulanan di rumah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com