Kompas.com - 29/06/2021, 07:26 WIB
Ilustasi hewan peliharan di rumah, anjing dan kucing. SHUTTERSTOCK/New AfricaIlustasi hewan peliharan di rumah, anjing dan kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirih gading atau Pothos (Epipremnum aureum) merupakan salah satu tanaman hias populer, khususnya untuk pemula. Meskipun demikian, jika Anda memelihara kucing atau anjing, Anda harus berhati-hati terhadap tanaman hias ini.

Sebab, sirih gading beracun bagi kucing dan anjing. Mengapa demikian? Dilansir dari Gardening Know How, Selasa (29/6/2021), berikut penjelasannya.

Kenapa sirih gading beracun bagi kucing dan anjing?

Sirih gading mengandung racun bernama kristal kalsium oksalat yang tidak larut. Racun ini ditemukan pada batang dan daun sirih gading.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Sirih Gading di Botol

Ketika hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing, menggigit dan mengunyah batang atau daun sirih gading, maka kristal kalsium oksalat akan dilepaskan. Racun ini dapat menyebabkan rasa terbakar dan iritasi pada mulut anjing dan kucing.

Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.UNSPLASH/SEVERIN CANDRIAN Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.

Akibatnya, kucing dan anjing akan memperlihatkan gejala seperti mengeluarkan air liur, muntah, nafsu makan berkurang, dan kesulitan untuk menelan makanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, Anda dapat mempertimbangkan tanaman hias yang berbeda, kecuali jika Anda dapat menjauhkan tanaman ini dari jangkauan hewan peliharaan yang penasaran.

Menempatkan sirih gading di rak atau di atas lemari yang tinggi akan menguntungkan, sehingga tak mudah dijangkau oleh hewan peliharaan.

Baca juga: Kenapa Daun Sirih Gading Menghitam? Ini 4 Penyebabnya

Jika Anda melihat kucing atau anjing Anda telah memakan bagian dari tanaman sirih gading, hubungi dokter hewan Anda untuk instruksi tentang apa yang harus dilakukan untuk hewan peliharaan Anda, atau apakah ia memerlukan kunjungan darurat. Sebaiknya bawalah contoh tanamannya pula.

Tanaman-tanaman lain yang beracun untuk anjing dan kucing

Selain sirih gading, ada beberapa tanaman hias lainnya yang juga beracun bagi anjing dan kucing peliharaan. Anda mungkin terkejut, sebab beberapa tanaman hias berikut lazim dirawat di pekarangan rumah atau dijadikan tanaman hias indoor.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.