Kompas.com - 28/06/2021, 16:17 WIB
Ilustrasi kucing. UNSPLASH/KARI SHEAIlustrasi kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Segala hal tentang kucing peliharaan cukup sulit bisa dipahami oleh setiap orang yang memeliharanya.

Namun, dalam kondisi yang tidak menguntungkan bagi mereka, kucing bisa memberikan pertanda atau sebuah isyarat.

Apabila kamu adalah seseorang yang memelihara kucing, kamu perlu mengetahui pertanda-pertanda yang dilakukan oleh kucing, sehingga bisa mengetahui apa yang sedang terjadi dengan mereka.

Baca juga: Hentikan Kebiasaan Kucing Melompat ke Meja Makan, Begini Caranya

Dikutip dari kanal YouTube Kucing Punya Rahasia, Senin (28/6/ 2021), berikut ini tanda-tanda kucing yang butuh pertolongan.

1. Selalu bersembunyi

Kucing adalah hewan yang memang senang bersembunyi. Namun, apabila kucingmu tiba-tiba terus bersembunyi di kolong tempat tidur atau di bawah sofa, itu menandakan bahwa mereka sedang sakit.

Biasanya kucing bersembunyi karena sedang stres atau sedang merasakan sakit di tubuh mereka, jadi segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan pertolongan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Tidak menggunakan kotak pasirnya

Jika kucingmu selalu menggunakan kotak pasirnya, namun secara tiba-tiba buang air sembarangan di berbagai tempat di rumahmu, maka ia sedang memberi tahumu kalau kondisinya sedang tidak baik-baik saja.

Baca juga: 4 Fakta Tentang Kucing Bermata Biru

Masalah kesehatan yang sering terjadi pada kasus ini adalah infeksi saluran kemih, masalah ginjal, dan batu kandung kemih. Pengobatan untuk penyakit tersebut hanya bisa dilakukan di dokter hewan.

3. Perubahan pada kebersihannya

Pada dasarnya kucing adalah hewan yang bersih dan sangat senang membersihkan bulunya, sehingga jika kamu perhatikan, jarang sekali ada kucing yang terlihat kotor.

Tetapi, jika kucingmu jarang membersihkan bulunya sehingga terlihat lebih kusam daripada biasanya, mungkin saatnya kamu membawa mereka ke dokter hewan.

Kucing yang terlihat kotor dan kusam biasanya sedang merasa tidak enak badan dan sedang merasakan demam. Oleh sebab itu, kucing jadi jarang melakukan rutinitas untuk menjaga kebersihan bulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.