Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2021, 09:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Suka menanam pohon buah-buahan, tetapi tidak memiliki halaman belakang atau taman? Tidak masalah! Anda dapat menanam pohon buah di ruangan.

Meski terdengar aneh dan tidak mungkin, menanam pohon buah di ruangan adalah ide yang sangat bagus. 

Baca juga: Langkah-langkah Menanam Pohon di Halaman

Pohon buah akan menambah warna dan semangat ke rumah sama seperti tanaman dalam ruangan lainnya. Namun, pohon buah membutuhkan pencahayaan dan kondisi tanah yang tepat.

“Kebanyakan pohon buah membutuhkan sinar matahari yang cerah dan penuh selama kira-kira enam hingga delapan jam sehari sepanjang tahun untuk berbuah,” kata “plant mom” dari Bloomscape, ahli hortikultura Joyce Mast.

Lantas, pohon buah apa saja yang cocok ditanam di ruangan? 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menanam Pohon di Sekitar Hunian

Melansir dari Reader’s Digest, Rabu (23/6/2021), berikut ini lima pohon buah yang dapat tumbuh di ruangan

Pohon lemon Dwarf Meyer

Pohon lemon Meyer merupakan salah satu dari beberapa pohon buah yang dapat tumbuh di ruangan.

“Pohon lemon Dwarf Meyer adalah pilihan bagus untuk petani dalam ruangan karena mereka melakukan penyerbukan sendiri dan membutuhkan panas yang relatif sedikit agar buahnya matang,” jelas Blake Harris, ahli hortikultura generasi kedua dan CEO Vegepod. 

Baca juga: Kenapa Bagian Bawah Buah Tomat Membusuk? Penyebab dan Solusinya

Pohon ini membutuhkan banyak kelembapan sehingga perlu rutin disiram serta meletakkannya di sebelah pelembap udara agar tetap lembap.

Selain itu, tanah yang digunakan juga harus sehat. “Pastikan menggunakan tanah yang sedikit asam, tanah lempung—kombinasi pasir, debu, dan tanah liat,” kata Harris.  

Baca juga: Mengenal Penyakit Antraknosa pada Tanaman Cabai, Bikin Buah Busuk

Pohon jeruk purut

Jeruk purut atau dikenal jeruk nipis Makrut mudah ditanam di ruangan. Ditambah, pohon ini menawarkan dua keuntungan. Selain buahnya, daun tanaman ini juga bisa digunakan dalam masakan seperti dalam kari atau saus.

Seperti jeruk nipis, jeruk purut tidak boleh terlalu banyak disiram dan paling baik jika tanah mengering sedikit sebelum penyiraman berikutnya. 

Baca juga: Tak Hanya Baik untuk Lingkungan, ini Manfaat Menanam Pohon di Rumah

Jumlah sinar matahari dan kehangatan juga penting. “Sediakan enam hingga delapan jam sinar matahari langsung dan putar pohon setiap minggu untuk memastikan semua sisinya mendapatkan sinar matahari yang sama (untuk)pertumbuhan tepat,” saran Mast.

Pohon pisang Dwarf lady finger

Varietas pisang kerdil lainnya adalah lady finger yang berasal dari Pasifik Selatan. Sama dengan Dwarf Cavendish, varietas ini juga membutuhkan banyak panas dan sinar matahari. 

Baca juga: 7 Sayur dan Buah yang Bisa Ditanam Kembali, Menghemat Belanjaan

Untuk penyiraman, penting untuk sering menyiram pohon pisang ini, tetapi tidak membuat tanahnya terlalu jenuh. “Pisang dalam ruangan membutuhkan lebih banyak air daripada yang ditanam di luar,” jelas Mast.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com