Kompas.com - 21/06/2021, 21:41 WIB
Ilustrasi warna cat dinding kamar tidur. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi warna cat dinding kamar tidur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna-warna gelap, seperti hitam, cokelat tua, abu-abu gelap atau dark grey, dan navy blue, kerap dihindari sebagai warna cat untuk setiap ruangan di rumah.

Hal ini karena warna gelap dapat memperburuk ruangan seperti ruangan terlihat gelap, kecil, suram, hingga menyeramkan. Padahal, warna gelap juga bisa mempercantik ruangan, asalkan diterapkan secara tepat. 

Baca juga: 5 Inspirasi Warna Kamar Cowok, Tak Melulu Warna Gelap

Untuk menerapkannya, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar warna gelap dapat mempercantik dan mencerahkan ruangan.

Melansir dari laman Apartment Therapy, Senin (21/6/2021), beberapa desainer interior memberikan tips menggunakan warna gelap pada ruangan agar bisa mempercantik ruangan. 

Baca juga: Ingin Menggunakan Warna Gelap pada Ruangan? Simak Triknya Berikut

Gunakan furnitur berwarna terang

Caroline Grant dan Dolores Suarez dari Dekar Design mengatakan agar warna cat gelap tidak membebani seluruh ruangan adalah menggunakan furnitur berwarna terang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi. Namun, mengecat ruangan dengan warna gelap, kemudian meletakkan furnitur ringan di dalamnya, dapat menipu mata bahwa ruangan tidak hanya lebih besar, tetapi juga memiliki lebih banyak cahaya alami,” kata Grant dan Suarez. 

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menerapkan Warna Cat Gelap di Rumah

Gunakan warna cat yang “kacau”

Untuk tampilan gelap yang segar, Alexander Doherty dari Alexander Doherty Design merekomendasikan penggunaan warna "kotor".

Ini adalah warna yang memiliki sedikit abu-abu atau hitam, yang ditambahkan ke formula, membuatnya lebih redup dan tidak begitu tajam dan bersih.

“Menggunakan warna merah, abu-abu, dan biru yang kacau memungkinkan seni melompat dari dinding,” kata Doherty. 

Baca juga: 5 Warna Cat untuk Kamar Tidur Sempit agar Terasa Lebih Luas

Jangan lupa plafon ruangan

Umumnya warna cat plafon disamakan dengan warna cat dinding. Padahal, mengecet plafon dengan warna gelap dapat mengubah plafon menjadi titik fokus.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X