Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Enggak Punya ART? Ini 5 Cara Working Parents Atur Urusan Rumah

Kompas.com - 21/06/2021, 20:11 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada sejumlah alasan mengapa para orangtua pekerja atau working parents memilih untuk tidak mempekerjakan seorang asisten rumah tangga (ART).

Selain demi menghemat anggaran rumah tangga, tujuannya tak lain karena ingin melakoni rutinitas rumah tangga sebagai salah satu peran vital dalam keluarga.

Meski begitu, menjalankan aktivitas tersebut bukan perkara mudah. Apalagi, dalam waktu yang sama, harus membagi waktu bersama anak.

Oleh karena itu, setiap pasangan harus mengatur strategi khusus. Tujuannya, agar seluruh kegiatan rumah tangga dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Manfaatkan Teknologi, Grab Gandeng Pemprov NTT Percepat Program Provinsi Cerdas

Untungnya, kemajuan teknologi saat ini bisa membantu menyelesaikan urusan rumah tangga yang terkadang menguras energi.

Bagi Anda yang tidak memiliki ART, berikut Kompas.com rangkum strategi penting agar urusan rumah tangga lancar tanpa ART.

1. Belanja bulanan secara online

Belanja bulanan secara online merupakan salah satu prioritas bagi pasangan yang tidak memperkerjakan ART. Pasalnya, belanja offline ke supermarket dapat menyita waktu.

Berkat teknologi, kini semakin mudah untuk mendapatkan bahan makanan segar dengan harga terjangkau tanpa harus pergi ke supermarket terdekat.

Baca juga: Dukung Digitalisasi UMKM, Grab Luluskan 5 Startup GVV Angkatan 3

Anda bisa order langsung barang-barang yang dibutuhkan melalui GrabMart. Produk-produknya pun #DijaminMurah.

Anda juga bisa gunakan kode promo HEMART30 untuk diskon 30 persen (maksimal Rp 20.000) di seluruh merchant GrabMart. Dengan demikian, belanja di GrabMart bisa jadi jalan pintas untuk membeli keperluan sehari-hari dengan harga dan kualitas terbaik.

2. Berbagi tugas dengan pasangan

Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah menyusun daftar pekerjaan rumah tangga harian. Setelah menyusun daftar tugas, Anda bisa berbagi tugas dengan anggota keluarga, baik dengan pasangan maupun anak.

Setiap anggota keluarga harus ambil bagian dan saling bekerja sama secara disiplin. Bila perlu, taruh daftar tersebut di tembok yang dapat dilihat semua orang.

Baca juga: Grab Express Bikin Wirausahawan Asal Medan Tambah Karyawan Saat Pandemi

Namun, jangan lupa untuk menyiapkan reward khusus untuk anak dan pasangan yang sukses melaksanakan tugasnya ya.

3. Gunakan jasa laundry kiloan

Punya mesin cuci memang sangat membantu, tapi setelah itu ada tumpukan cucian yang harus disetrika. Lantas, siapa yang punya waktu menyetrika pakaian-pakaian ini?

Cara paling gampang adalah menggunakan jasa laundry kiloan. Akan lebih menyenangkan lagi kalau mereka memiliki layanan antar jemput cucian.

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com