Kompas.com - 21/06/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi daun tanaman menguning dan ujungnya kecokelatan. SHUTTERSTOCK/SPINO KIMIlustrasi daun tanaman menguning dan ujungnya kecokelatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman hias tak hanya memberikan pupuk dan air, tetapi ada banyak hal yang harus dilakukan, salah satunya memastikan tanaman tidak terserang penyakit dan hama.

Dengan mengetahui lebih awal tanaman terserang penyakit, akan lebih mudah menyelamatkannya. Sama dengan manusia, tanaman yang tidak sehat akan menunjukkan beberapa tanda, salah satunya daun tanaman menguning

Baca juga: Cara Mengatasi Jamur pada Akar Tanaman, Pakai Alkohol dan Pemutih

Menguning adalah salah satu gejala penyakit tanaman paling umum yang akan ditemui saat merawat tanaman. Daun tanaman yang menguning bisa karena penuaan.

Selain penuaan, ada banyak penyebab daun tanaman menguning. Dilansir dari laman Livspace, Senin (21/6/2021), berikut ini penyebab daun tanaman menguning dan cara mengatasinya.  

Baca juga: Jangan Dibuang Dulu, 5 Sisa Dapur Ini Bermanfaat Suburkan Tanaman

Penuaan

Menguning juga bisa menunjukkan proses alami penuaan tanaman. Jika tanaman hanya menua dan tidak sakit, seluruh daunnya akan menguning dan mengendur di batang. Karena itu, bila itu hanya penuaan, Anda tidak perlu melakukan apa-apa. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kekurangan air

Tanaman yang disiram dengan terlalu sedikit air akan membuat daunnya melengkung ke dalam dan mulai menguning. 

Baca juga: 5 Manfaat Tanaman Sage, Menurunkan Kolesterol hingga Obat Diare

Untuk mengetahui tanaman cukup air atau kekurangan air, Anda dapat memeriksa media tanamnya atau tanah.

Bila kekurangan air, siram tanaman segera. Jika tidak, tak perlu menyiramnya. Jangan lupa menyiram tanaman secara menyeluruh dan menyemprotkan air ke daun tanaman. 

Baca juga: Cara Mengharumkan Ruangan di Rumah dengan Tanaman Herbal

Kelebihan air 

Selain kekurangan air, kelebihan air juga dapat menjadi penyebab daun tanaman menguning. Biasanya, daun berubah menjadi kuning pucat dan mulai membusuk karena retensi air.

Segera menghentikan menyiram tanaman dan letakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau ternaungi sesuai dengan kebutuhan tanaman.  

Baca juga: 9 Tips Merawat Tanaman Herbal di Dalam Ruangan

Halaman:


Sumber LivSpace
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X