Kompas.com - 20/06/2021, 15:15 WIB
Ilustrasi kucing mengenakan kalung, kalung kucing. FREEPIK/FREEPIC.DILLERIlustrasi kucing mengenakan kalung, kalung kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kucing di rumah tak hanya memastikan kebutuhan makanan dan tempat tidurnya, tapi juga keamanan kucing dari berbagai benda di sekelilingnya.

Seperti dilansir dari Pethelpful, Minggu (20/6/2021), kucing dapat menjelajahi setiap sudut rumah. Karena itu, penting memastikan bahwa tidak ada benda apa pun di sekitar rumah yang dapat membahayakan kucing. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Catnip, Tanaman yang Bikin Kucing Mabuk

Lantas, benda apa saja di rumah yang berbahaya bagi kucing? Nah, berikut empat benda di rumah yang berbahaya untuk kucing sehingga harus dijauhkan. 

Tanaman hias

Ada beberapa tanaman beracun untuk kucing, di antaranya peace lily, tanaman giok, monstera, dan philodendron.

Karena itu, penting mengawasi kucing agar tidak memakannya karena dapat membahayakan kesehatan kucing, bahkan mengancam keselamatannya. 

Baca juga: Apakah Sinar Matahari Bermanfaat untuk Kucing? Ini Penjelasannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika menduga kucing peliharaan telah memakan tanaman hias beracun, segera menghubungi dokter hewan. 

Tali atau benang 

Kucing dikenal menyukai bermain dengan bola benang. Namun, benang tersebut bisa membahayakannya karena bisa melilit leher atau badannya. Jadi, bola benang bukan mainan yang bagus untuk kucing, terlebih tanpa pengawasan.

Alasan lainnya, benang bisa tersangkut di saluran pencernaan kucing. Sebab, lidah kucing ditutupi duri dan ini membuatnya tidak bisa meludahkan sesuatu seperti tali kembali. 

Baca juga: Benarkah Tanaman Catnip Memberi Efek Mabuk pada Kucing?

Akibatnya, salah satu ujung tali tersangkut di saluran pencernaan. Tentu saja, dapat melukai kucing dan memerluka pembedahan untuk mengeluarkannya. 

Obat-obatan 

Benda di rumah yang berbahaya untuk kucing selanjutnya adalah obat-obatan. Penting menjauhkan obat-obatan dari jangkauan kucing. Sebagian besar obat manusia dapat melukai kucing apabila tertelan. 

Baca juga: Kucing Mau Kawin? Ini Cara Mengatasi Kucing Betina yang Sedang Berahi

Halaman:


Sumber Pethelpful
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X