Kompas.com - 20/06/2021, 08:15 WIB
Ilustrasi mencuci pakaian dengan mesin cuci (Dok. Shutterstock/theshots.co) Ilustrasi mencuci pakaian dengan mesin cuci

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang tentu memiliki beberapa pakaian favorit, baik itu blouse, kaus, kemeja, dress, maupun celana.

Dalam merawat pakaian yang paling dicintai, pastinya ada perawatan tertentu yang diperlukan. Bahkan, harus menghindari penggunaan mesin cuci

Baca juga: 5 Bahan Pakaian yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Pengering Mesin Cuci

Salah-salah mencuci tentu bisa membuat pakaian mengalami kerusakan, yang akhirnya tidak bisa dikenakan kembali.

Untuk membantu menjaga pakaian tetap terlihat bagus, ahli perawatan pakaian Gwen Whiting dan Lindsey Boyd dari The Laundress menjelaskan jenis pakaian yang tidak boleh dicuci di mesin cuci dan bagaimana pakaian itu harus dicuci.

Nah, berikut ini jenis pakaiannya dilansir dari laman Martha Stewart, Minggu (20/6/2021). 

Baca juga: 5 Mitos Mencuci Pakaian yang Masih Dipercaya sampai Sekarang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cashmere dan wol

Kedua bahan ini biasa digunakan untuk sweater dan kardigan. Mencuci pakaian berbahan tersebut dengan mesin cuci dapat berisiko pada penyusutan dan melar pada pakaian.

Whiting dan Boyd merekomendasikan mencuci pakaian berbahan cashmere dan wol menggunakan tangan demi menghindari sobekan dan kerusakan. 

Baca juga: Cara Merapikan Lemari Pakaian Hanya dengan 10 Langkah Mudah

Untuk mencucinya, isi wastafel, bak mandi, atau baskom dengan air dan tambahkan pembersih lembut. Rendam pakaian, putar-putar di dalam air, dan biarkan terendam selama 30 menit.

Setelah itu, tiriskan dan bilas sampai airnya jernih. Begitu pun hindari memakan pengering karena dapat merusak pakaian. 

Baca juga: 8 Kesalahan dalam Penggunaan Mesin Cuci, Apa Saja?

Sutra

Kebanyakan label perawatan pakaian sutra menyarankan agar pakain hanya di-dry clean. Namun, dimungkinkan untuk mencuci pakaian material sutra di rumah. Tentu saja cukup mencuci dengan tangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X