Kompas.com - 18/06/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi tanaman Caladium tricolor, keladi. SHUTTERSTOCK/OMKOIIlustrasi tanaman Caladium tricolor, keladi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Keladi atau Caladium merupakan tanaman hias dari kelompok Araceae yang masih satu rumpun dengan aglonema.

Meski terdiri atas berbagai jenis dengan karekteristik daun berbeda, ciri khas dari tanaman keladi memiliki bentuk daun yang menyerupai simbol hati atau love

Baca juga: Daun Keladi Terkulai Lemas? Ini Penyebabnya

Jika kamu adalah pengoleksi tanaman ini, ada beberapa cara membuat keladi tumbuh subur, rimbun, dan berdaun lebat agar tampilannya semakin mempesona. 

Dikutip dari kanal YouTube TanamanHias Bunga85, Jumat (18/6/2021), berikut cara membuat tanaman keladi tumbuh subur, rimbun, dan berdaun lebat. 

Baca juga: 10 Jenis Keladi Hias Populer, Sudah Punya?

Rutin disiram dengan air larutan micin

Cara pertama yang perlu dilakukan agar tanaman keladi tumbuh subur, rimbun, dan berdaun lebat adalah menyiramnya dengan air larutan micin. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Caranya, larutkan sekitar setengah sendok teh atau kurang-lebih lima sampai enam gram micin ke dalam satu liter air. Siram larutan micin dengan takaran kurang-lebih 100 mililiter per tanaman keladi. 

Jangan lupa untuk menyiram tanaman keladi setiap minggu sekali. Selain itu, air larutan micin bisa kamu tambahkan dengan vitamin B1 maupun pupuk NPK mutiara biru. 

Baca juga: Berapa Lama Keladi Merah Dapat Terpapar Sinar Matahari?

Pastikan terpapar cahaya matahari

Mungkin kamu pernah memelihara keladi yang daunnya tumbuh satu, tapi rontok satu. Hal itu mungkin terjadi karena kurangnya paparan cahaya sinar matahari atau tanaman keladi diletakkan di tempat yang terlalu teduh.

Untuk itu, letakkan keladi di tempat yang terkena paparan cahaya sinar matahari secara tidak langsung seperti di bawah pohon yang rindang atau paranet. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Keladi di Musim Hujan

Sesuaikan pot dengan ukuran keladi

Pot yang tidak sesuai dengan ukuran tanaman keladi turut mempengaruhi keladi sulit tumbuh subur, rimbun, dan berdaun lebat.

Jadi, semakin besar keladinya, semakin besar pula pot yang digunakan agar media tanam yang ada di pot mampu menopang batang keladi yang lunak.

Petik daun keladi yang layu

Untuk daun keladi cepat tumbuh, kamu bisa memetik daun keladi yang sudah layu atau batang keladi yang sudah mau patah. 

Baca juga: Trik Bikin Tanaman Keladi Jadi Rimbun dengan Memotong Umbinya

Usir hama

Kamu juga perlu mengecek hama di bawah daun keladi secara rutin agar daunnya bisa diselamatkan. Untuk lebih aman dari hama, semprotkan insektisida ke tanaman keladi setiap dua minggu sekali.

Siramkan air dengan rutin

Pada dasarnya, keladi adalah tanaman yang menyukai banyak air. Jadi, jangan lupa menyiramnya secara rutin. Namun, sebelum menyiram tanaman keladi, pastikan media tanamnya sudah hampir kering baru disiram.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X