Kompas.com - 18/06/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi rapat virtual. PEXELS/EKATERINA BOLOVTSOVAIlustrasi rapat virtual.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona (Covid-19) membuat banyak perusahaan menetapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi para pegawai. Imbasnya, rapat dilakukan secara virtual melalui beragam aplikasi, salah satunya Zoom Meeting

Tren rapat virtual ini, menurut sebuah survei terbaru di Amerika Serikat (AS), memicu banyak orang untuk lebih rajin merapikan rumah dan membersihkan rumah.

Dilansir dari Apartment Therapy, Jumat (18/6/2021), menurut survei baru dari Cinch Home Services, semua waktu yang dihabiskan di rumah telah menciptakan perubahan penting dalam kebiasaan membersihkan rumah di kalangan warga AS.

Baca juga: Masih WFH? Ini 5 Ide Dekorasi Meja Kerja agar Semakin Semangat

Ternyata, aktivitas di rumah saja telah membuat 64 persen warga AS lebih rajin membersihkan dan merapikan rumah.

Cinch menyurvei lebih dari 1.000 warga AS tentang kebiasaan membersihkan dan merapikan barang-barang di rumah selama pandemi untuk mengetahui bagaimana kebiasaan ini berbeda dari masa sebelum virus corona, bagaimana responden merapikan, dan manfaat pembersihan secara keseluruhan, jika ada.

Hasilnay, ditemukan 64 persen responden melaporkan dengan sengaja mengurangi pembelian untuk membantu menjaga ruang mereka tetap rapi. Adapun 70 persen responden melaporkan melakukan pembersihan rumah secara rutin sejak awal pandemi pada awal 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam hal keadaan ruang mereka saat ini dibandingkan dengan masa pra-pandemi, 44,8 persen responden mengatakan rumah mereka sekarang jauh lebih bersih, sementara hanya 13,5 persen mengatakan ruang mereka lebih berantakan.

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Meja Kerja di Rumah untuk Menunjang WFH

Selain itu, hampir 73 persen responden mengatakan mereka membersihkan atau merapikan ruangan mereka sebelum melakukan rapat virtual melalui Zoom. Adapun 18 persen responden mengatakan mereka menggunakan latar belakang digital untuk menyembunyikan kondiri rumah berantakan atau latar belakang yang tidak rapi.

Meskipun tindakan membersihkan dan merapikan barang di rumah terkadang terasa berlebihan, sebagian besar responden menyebutkan dampak positif. Sekitar 75 persen responden, kebanyakan milenial, menyebut kebersihan sebagai tindakan perawatan diri.

Hampir 68 persen mengatakan pembersihan meningkatkan produktivitas, sekitar 65 persen menyebutkan perasaan kontrol diri, dan hampir 58 persen mengatakan pembersihan memberikan motivasi.

Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga lebih rajin merapikan dan membersihkan rumah selama masa pandemi ini?



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X