Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2021, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona (Covid-19) membuat banyak perusahaan menetapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi para pegawai. Imbasnya, rapat dilakukan secara virtual melalui beragam aplikasi, salah satunya Zoom Meeting

Tren rapat virtual ini, menurut sebuah survei terbaru di Amerika Serikat (AS), memicu banyak orang untuk lebih rajin merapikan rumah dan membersihkan rumah.

Dilansir dari Apartment Therapy, Jumat (18/6/2021), menurut survei baru dari Cinch Home Services, semua waktu yang dihabiskan di rumah telah menciptakan perubahan penting dalam kebiasaan membersihkan rumah di kalangan warga AS.

Baca juga: Masih WFH? Ini 5 Ide Dekorasi Meja Kerja agar Semakin Semangat

Ternyata, aktivitas di rumah saja telah membuat 64 persen warga AS lebih rajin membersihkan dan merapikan rumah.

Cinch menyurvei lebih dari 1.000 warga AS tentang kebiasaan membersihkan dan merapikan barang-barang di rumah selama pandemi untuk mengetahui bagaimana kebiasaan ini berbeda dari masa sebelum virus corona, bagaimana responden merapikan, dan manfaat pembersihan secara keseluruhan, jika ada.

Hasilnay, ditemukan 64 persen responden melaporkan dengan sengaja mengurangi pembelian untuk membantu menjaga ruang mereka tetap rapi. Adapun 70 persen responden melaporkan melakukan pembersihan rumah secara rutin sejak awal pandemi pada awal 2020.

Dalam hal keadaan ruang mereka saat ini dibandingkan dengan masa pra-pandemi, 44,8 persen responden mengatakan rumah mereka sekarang jauh lebih bersih, sementara hanya 13,5 persen mengatakan ruang mereka lebih berantakan.

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Meja Kerja di Rumah untuk Menunjang WFH

Selain itu, hampir 73 persen responden mengatakan mereka membersihkan atau merapikan ruangan mereka sebelum melakukan rapat virtual melalui Zoom. Adapun 18 persen responden mengatakan mereka menggunakan latar belakang digital untuk menyembunyikan kondiri rumah berantakan atau latar belakang yang tidak rapi.

Meskipun tindakan membersihkan dan merapikan barang di rumah terkadang terasa berlebihan, sebagian besar responden menyebutkan dampak positif. Sekitar 75 persen responden, kebanyakan milenial, menyebut kebersihan sebagai tindakan perawatan diri.

Hampir 68 persen mengatakan pembersihan meningkatkan produktivitas, sekitar 65 persen menyebutkan perasaan kontrol diri, dan hampir 58 persen mengatakan pembersihan memberikan motivasi.

Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga lebih rajin merapikan dan membersihkan rumah selama masa pandemi ini?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com