Kompas.com - 15/06/2021, 11:20 WIB
Ilustrasi kopi tubruk. SHUTTERSTOCK/M. RINANDAR TYASIlustrasi kopi tubruk.

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar dapat bertahan hidup dan tumbuh subur, tanaman harus mendapatkan sejumlah nutrisi penting. Kopi merupakan sumber yang sangat baik dari beberapa nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Dilansir dari All Things Gardener, Selasa (15/6/2021), kopi mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tanaman, antara lain sebagai berikut.

1. Magnesium

Sekitar 7 mg magnesium dapat ditemukan dalam satu cangkir kopi. Magnesium penting untuk daun karena memberi mereka warna hijau.

Baca juga: Jangan Dibuang, Ampas Kopi Bisa Jadi Pupuk untuk Tanaman

Klorofil tanaman membutuhkan magnesium untuk menangkap cahaya matahari. Klorofil daun yang tidak memiliki cukup magnesium tidak akan dapat berfotosintesis dan mati.

Ilustrasi kopiPIXABAY/Christoph Ilustrasi kopi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Nitrogen

Nitrat merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tanaman. Pertumbuhan tanaman bergantung pada kemampuannya untuk mensintesis protein dan klorofil, serta elemen penting tanaman lainnya.

Nitrogen nutrisi utama ditemukan dalam kopi sekitar 2 persen, menjadikannya sumber yang sangat baik untuk elemen ini.

3. Kalium

Jumlah potasium yang terkandung dalam satu cangkir kopi hitam adalah sekitar 116 mg.

Baca juga: Jangan Langsung Dibuang, Ini Manfaat Ampas Kopi yang Perlu Diketahui

Kopi menyediakan sumber potasium yang mudah bagi tanaman. Nutrisi ini memiliki banyak manfaat bagi tanaman termasuk mendorong pertumbuhan, membantu mereka melawan penyakit, dan melawan hama.

Anda harus selalu menggunakan kopi hitam saat menyiram tanaman. Jangan pernah menggunakan kopi yang mengandung krim, perisa, dan gula.

Selain itu, sejumlah bahan tersebut tidak hanya buruk bagi tanaman, tetapi juga dapat menarik serangga. Agas yang terbang di sekitar rumah dan larvanya bisa menyerang akar tanaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X