Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menghilangkan Bau Pernis pada Furnitur Bayi

Kompas.com - 13/06/2021, 15:32 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih furnitur untuk bayi seperti boks atau tempat tidur bayi harus mempertimbangkan faktor keamanan dan kenyamanan, terlebih ketika membuatnya dengan pernis.

Anda harus benar-benar menghilangkan bau pernis pada furnitur sebelum digunakan. Sebab, jika tidak, bau akan menyengat selama beberapa hari yang dapat mengganggu dan menyebabkan masalah kesehatan

Baca juga: Simak, 4 Cara Mencegah Karat pada Furnitur Luar Ruangan

Seperti dilansir dari Hunker, Minggu (13/6/2021), ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menyerap bau pernis pada furnitur. Berikut ini cara menghilangkan bau pernis pada furnitur bayi.  

Hancurkan arang

Untuk menghilangkan bau pernis pada furnitur kayu boks bayi, dapat menggunakan arang. Caranya, menghancurkan arang kayu menjadi potongan-potongan kecil dan sebarkan di sekitar ruangan dalam mangkuk. 

Baca juga: Tips Membeli Furnitur Bekas untuk Kamu yang Miliki Dana Terbatas

Arang adalah pembersih udara yang efektif untuk mengendalikan berbagai bau, termasuk bau pernis. 

Cuka putih 

Cuka putih juga berkhasiat menghilangkan bau pernis pada furnitur. Isi mangkuk dengan cuka putih dan letakkan di sekitar ruangan.

Bahan alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan baking soda dengan membuka kotaknya dan tinggalkan di dekat tempat tidur atau boks bayi. 

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Furnitur Rotan

Setelahnya, bersihkan sisa debu baking soda di lantai dan perabotan di sekitar boks bayi atau menyedotnya menggunakan vaccum cleaner dalam beberapa hari saat boks bayi berhenti mengeluarkan bau.  

Ventilasi 

Cara menghilangkan bau pernis pada furnitur bayi adalah manfaatkan ventilasi di dalam ruangan sebanyak mungkin. Gunakan kipas angin untuk menghilangkan bau lebih cepat. 

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Furnitur Rotan

Sirkulasi udara meningkatkan laju penguapan pelarut dan akan membuat bau lebih cepat menghilang. 

Lilin 

Cara satu ini mungkin tak terpikirkan. Namun, hanya dengan menyalakan lilin di dalam ruangan dapat menghilangkan bau pernis pada furnitur bayi.

Baca juga: Tips Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan yang Menempel di Furnitur

Lilin dapat membakar VOC di udara bersama dengan oksigen yang mereka butuhkan untuk tetap menyala. Namun, saat menyalakan lilin, dianjurkan untuk tetap berada dekat ruangan agar dapat mengawasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com