Kompas.com - 13/06/2021, 15:32 WIB
Ilustrasi kamar bayi. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi kamar bayi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih furnitur untuk bayi seperti boks atau tempat tidur bayi harus mempertimbangkan faktor keamanan dan kenyamanan, terlebih ketika membuatnya dengan pernis.

Anda harus benar-benar menghilangkan bau pernis pada furnitur sebelum digunakan. Sebab, jika tidak, bau akan menyengat selama beberapa hari yang dapat mengganggu dan menyebabkan masalah kesehatan

Baca juga: Simak, 4 Cara Mencegah Karat pada Furnitur Luar Ruangan

Seperti dilansir dari Hunker, Minggu (13/6/2021), ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menyerap bau pernis pada furnitur. Berikut ini cara menghilangkan bau pernis pada furnitur bayi.  

Hancurkan arang

Untuk menghilangkan bau pernis pada furnitur kayu boks bayi, dapat menggunakan arang. Caranya, menghancurkan arang kayu menjadi potongan-potongan kecil dan sebarkan di sekitar ruangan dalam mangkuk. 

Baca juga: Tips Membeli Furnitur Bekas untuk Kamu yang Miliki Dana Terbatas

Arang adalah pembersih udara yang efektif untuk mengendalikan berbagai bau, termasuk bau pernis. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cuka putih 

Cuka putih juga berkhasiat menghilangkan bau pernis pada furnitur. Isi mangkuk dengan cuka putih dan letakkan di sekitar ruangan.

Bahan alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan baking soda dengan membuka kotaknya dan tinggalkan di dekat tempat tidur atau boks bayi. 

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Furnitur Rotan

Setelahnya, bersihkan sisa debu baking soda di lantai dan perabotan di sekitar boks bayi atau menyedotnya menggunakan vaccum cleaner dalam beberapa hari saat boks bayi berhenti mengeluarkan bau.  

Ventilasi 

Cara menghilangkan bau pernis pada furnitur bayi adalah manfaatkan ventilasi di dalam ruangan sebanyak mungkin. Gunakan kipas angin untuk menghilangkan bau lebih cepat. 

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Furnitur Rotan

Sirkulasi udara meningkatkan laju penguapan pelarut dan akan membuat bau lebih cepat menghilang. 

Lilin 

Cara satu ini mungkin tak terpikirkan. Namun, hanya dengan menyalakan lilin di dalam ruangan dapat menghilangkan bau pernis pada furnitur bayi.

Baca juga: Tips Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan yang Menempel di Furnitur

Lilin dapat membakar VOC di udara bersama dengan oksigen yang mereka butuhkan untuk tetap menyala. Namun, saat menyalakan lilin, dianjurkan untuk tetap berada dekat ruangan agar dapat mengawasinya.



Sumber Hunker
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X