Kompas.com - 11/06/2021, 08:58 WIB
Ilustrasi semut shutterstockIlustrasi semut

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran serangga di rumah sangatlah mengganggu, karena bisa merusak berbagai barang hingga menyebarkan penyakit. Membasmi serangga pun bisa jadi merupakan tugas yang tidak mudah.

Dalam membasmi serangga di rumah, jangan hanya terpaku dengan penggunaan produk kimia pembasmi serangga yang dijual di pasaran. Sebab, bahan-bahan kimia juga bisa berbahaya bagi kesehatan.

Meskipun serangga kecil adalah ahli dalam menghindari deteksi dan sulit untuk disingkirkan begitu Anda menemukannya, itu bukan tugas yang mustahil. Alih-alih meraih produk kimia yang bisa mengandung racun, ada banyak alternatif yang lebih lembut dan ramah lingkungan.

Baca juga: Cara Efektif Menghilangkan Bau Semprotan Serangga di Dalam Ruangan

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Jumat (11/6/2021), lemon, rempah-rempah, bawang putih, dan kantong teh adalah beberapa pilihan utama untuk larutan pembasmi serangga alami buatan sendiri.

Berikut adalah lima serangga umum dan larutan yang bisa Anda buat sendiri ini untuk membasminya.

ilustrasi oregano daun kering. SHUTTERTOCK/Dmitr1ch ilustrasi oregano daun kering.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Kecoak

Ada banyak cara alami membasmi kecoa di rumah. Salah satu pilihan yang umum adalah menyemprotnya dengan air sabun, namun pilihan terbaik untuk pencegahan alami adalah minyak oregano.

Minyak oregano memiliki tingkat kematian hampir 100 persen dan efek residu yang bertahan hingga seminggu.

Baca juga: Membasmi Semut Bisa Pakai Bedak Bayi, Begini Caranya

2. Lalat

Usir lalat dengan mengisi sachet yang terbuat dari sapu tangan atau sisa kain dengan daun salam, cengkeh dan kayu putih, kemudian digantung di dekat jendela dan pintu.

Anda juga dapat meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih pada potongan kain penyerap dan meninggalkannya di tempat yang sering didatangi lalat. Jika masalah Anda adalah lalat buah dan agas, coba gunakan cuka untuk membuat jebakan kecil buatan sendiri.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X