Kompas.com - 10/06/2021, 18:00 WIB
Puteri Indonesia 2006, Agni Pratistha KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAPuteri Indonesia 2006, Agni Pratistha

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan segala hal yang berkaitan dengan ramah lingkungan merupakan sebuah hal baik dan bijak demi menjaga keberlangsungan bumi atau lingkungan sebagai tempat kehidupan.

Sebab itu, sudah banyak orang yang mulai peduli untuk melakukan kegiatan ramah lingkungan, salah satunya aktris Agni Pratistha. 

Baca juga: 8 Cara Wujudkan Rumah Ramah Lingkungan

Perempuan berusia 33 tahun mengaku telah menjalani gaya hidup ramah lingkungan atau eco-lifestyle sejak beberapa tahun ke belakang.

"Mulai peduli lingkungan itu sejak tujuh tahun lalu seusai berumah tangga. Saya mulai aware (sadar) dengan sampah yang saya hasilkan itu kok banyak banget setiap bulan," buka Agni dalam media virtual kolaborasi Unilever dan Shopee bertajuk "Rumah Bersih, Indonesia Lestari" di Jakarta, Kamis (10/6/2021). 

Baca juga: Bangun Kepedulian Lingkungan dengan Pemilahan Sampah

Dari situ, Agni Pratistha pun mulai bertanggung jawab dengan sampah yang selalu ia hasilkan dari rumah tangganya setiap bulan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mantan Puteri Indonesia 2006 itu pada akhirnya mulai memilah-milah sampah sebelum dibuang, menggunakan kembali barang bekas, hingga menggunakan produk yang ramah lingkungan.

Tak hanya baik untuk lingkungan, Agni mengaku bahwa gaya hidup ramah lingkungan yang dilakukannya turut berdampak positif pada kesehatan dirinya dan keluarganya. 

Baca juga: 4 Cara Cerdas Mengurangi Jumlah Sampah Lewat Rutinitas Sehari-hari

Terkait dengan hal positif yang dijalaninya, Agni membagi tiga tips memulai gaya hidup  ramah lingkungan mulai dari rumah, berikut di antaranya.

Memperhatikan rekam jejak perusahaan 

Saat berbelanja sebuah produk, Agni menganjurkan untuk memperhatikan rekam jejak dan kepedulian lingkungan perusahaan produk yang ingin dibeli. 

Baca juga: 5 Sampah Dapur yang Bisa Suburkan Tanaman

"Di era digitalisasi seperti saat ini, cukup dengan mencari di Google, kita bisa melihat rekam jejak dari brand yang kita pilih. Apakah memiliki manfaat sosial dan komitmen pada kelestarian lingkungan," ucap Agni Pratistha. 

Selain itu, ia mengimbau untuk memastikan sumber bahan baku yang digunakan produk berasal dari sumber yang bertanggung jawab.

Upcycle (Mendaur ulang)

Perhatikan barang-barang di sekitar yang tidak terpakai dan manfaatkan untuk kebutuhan lain. Misalnya, manfaatkan kardus bekas untuk mainan anak atau menggunakan kembali kertas untuk pembungkus kado. 

Baca juga: 7 Ide Ramah Lingkungan untuk Rumah yang Berkelanjutan

Libatkan orang sekitar

Ajak pasangan, anak, juga asisten rumah tangga untuk bijak memilih produk dan mengelola sampah.

Dengan dimulai dari rumah, kebiasaan baik ini akan dapat berdampak pada lingkungan yang lebih luas serta berkelanjutan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X