Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tren Penggunaan Tanaman Hias untuk Berbagai Keperluan

Kompas.com - 07/06/2021, 16:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona yang telah berlangsung lebih dari setahun  membuat sebagian besar masyarakat menghabiskan waktu atau beraktivitas di rumah demi terhindar dari virus Covid-19. 

Tak jarang, sebagian orang kini memanfaatkan waktu di rumah dengan melakukan berbagai hobi baru, salah satunya merawat tanaman

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Tengah Naik Daun pada Juni 2021

Sepanjang 2020 lalu, banyak tanaman hias yang sering masuk dalam kategori tanaman favorit para pencintanya, dari monstera, philodendron, kuping gajah, keladi merah, dan sebagainya.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Senin (7/6/2021), menurut penelitian yang dilakukan My Plant Life Balance, tren menunjukkan bahwa orang ingin lebih terhubung dengan alam dengan mempelajari cara menanam tanaman dari bibit dan memasukkannya lebih banyak dalam kehidupan sehari-hari mereka. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Janda Bolong, Penyiraman hingga Pupuk

Menurut mereka, tanaman yang diletakkan di dalam rumah juga bisa menghilangkan dari stres dan kecemasan. Tak hanya itu, tanaman itu pun banyak digunakan untuk berbagai keperluan dan melahirkan tren baru. 

Setidaknya, ada lima tren penggunaan tanaman sepanjang tahun lalu hingga saat ini. Apa saja? Beriku ini lima tren tanaman hias untuk beragam keperluan. 

Baca juga: 6 Tanaman Rambat yang Bisa Percantik Rumah 

Ruang kerja yang lebih hijau 

Baik Anda masih bekerja dari rumah maupun kembali ke kantor paruh waktu, model kerja yang fleksibel akan tetap ada. Artinya, tanaman juga akan masih menjadi salah satu elemen dekorasi meja kerja, baik di rumah maupun kantor.

Selain menjadi dekorasi, tanaman hias ini juga mampu meningkatkan produktivitas serta suasana hati saat bekerja sehingga tren meletakkan tanaman hias di meja kerja diprediksi masih akan terus berlanjut hingga tahun ini. 

Baca juga: Cara Memilih dan Menyebarkan Mulsa yang Tepat untuk Tanaman

Pengobatan berbasis alam 

Tanaman juga digunakan sebagai pengobatan alami berbasis alam yang akan digunakan orang pada tahun ini.

Studi menunjukkan bahwa orang menyukai sebuah tempat relaksasi yang berhubungan dengan alam sehingga diprediksi masih akan banyak orang meletakkan tanaman dengan fungsi memurnikan udara serta memperoleh manfaat kesehatan lainnya di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Jamur yang Sering Menyerang Tanaman Tomat, Bikin Buah Membusuk

Cukup menambahkan beberapa tanaman penyembuh seperti lemon balm dan chamomile akan membuat tubuh akan terasa lebih sehat. 

Alam sebagai guru 

Tanaman yang diletakkan di dalam ruangan juga dapat menjadi seorang guru bagi anak-anak. Menciptakan ruang yang dipenuhi dengan beragam jenis tanaman di dalam rumah dapat menjadi sebuah area bermain yang mengasyikan untuk anak-anak. 

Baca juga: Cara Mencegah Tanaman Hias Terbakar Sinar Matahari

Sepanjang tahun lalu hingga sekarang, diprediksi akan banyak area rumah, baik di dalam maupun di luar, yang memiliki ragam tanaman hias untuk melengkapi tempat bermain anak. 

Dekorasi 

Seperti telah diketahui bahwa tanaman hias di dalam ruangan tak hanya menjadikan udara lebih segar dan murni, tapi juga dapat sebagai dekorasi rumah yang alami dan cantik. 

Baca juga: 3 Tanaman Hias yang Aman untuk Penderita Alergi

Anda bisa memajang berbagai jenis tanaman di ambang jendela, ruang tamu, ruang keluarga, bahkan kamar mandi. 

Tanaman untuk dikonsumsi

Ketika pandemi pertama kali melanda, orang-orang mulai menanam tanaman herbal. Di luar manfaat kesehatan, menanam tanaman herbal dan tanaman sayuran yang bisa dikonsumsi merupakan hobi memuaskan yang diperkirakan akan menggeliat pada 2021 ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com