Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Kurap pada Kucing

Kompas.com - 07/06/2021, 08:03 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan hewan lainnya, kucing mampu membersihkan diri dengan cara menjilati seluruh tubuhnya sendiri.

Perlu diketahui, lidah kucing memiliki duri-duri kecil kasar yang berfungsi mengangkat kotoran di tubuhnya. Sayangnya, meski sering membersihkan diri, kucing masih bisa terinfeksi berbagai penyakit kulit, salah satunya kurap. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mendiagnosis Kurap pada Kucing

Kurap adalah penyakit jamur yang dapat menginfeksi beberapa spesies hewan, termasuk kucing. Penyakit kurap ini dapat menyebar dari satu kucing yang terinfeksi ke kucing lainnya.

Dilansir dari The Spruce, Senin (7/6/2021), tak hanya kucing liar yang dapat terkena kurap, kucing rumah atau peliharaan juga bisa terinfeksi penyakit ini. 

Baca juga: Mengenal Kucing Birman yang Ramah dan Menggemaskan

Tanda kucing terinfeksi penyakit kurap dapat dilihat dari munculnya luka yang berbentuk cincin dan sering kali di area tersebut tidak ditumbuhi bulu atau mengalami kebotakan. 

Mengobati kurap 

Bila menemukan tanda-tanda tersebut, segera bawa kucing peliharaan ke dokter hewan demi mendapat pengobatan dan perawatan. Semakin cepat mendapat pengobatan, semakin mudah penyakit kurap pada kucing disembuhkan. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Ras Kucing European Shorthair

Awalnya, dokter hewan akan melihat kondisi kulit kucing, lalu mendiagnosis bahwa kucing peliharaan Anda terinfeksi penyakit kurap. Kemudian, dokter akan meresepkan obat antijamur untuk mengobati infeksi.

Itrakonazol adalah obat yang sering digunakan untuk mengobati penyakit kurap pada hewan peliharaan. Namun, karena bentuknya kapsul, biasanya obat harus dicampur ke dalam larutan cair untuk menentukan dosis pada kucing. 

Baca juga: Cara Mengobati Jamur pada Kucing dengan Daun Sirih dan Asam Jawa

Selain itu, terkadang dokter hewan juga akan meresepkan salep topikal untuk mengobati kurap dalam hubungannya dengan perawatan oral.

Dengan menggunakan rejimen pengobatan oral dan topikal, dapat sekaligus membunuh kedua spora pada kulit dan menekan infeksi pada kucing secara sistemik. 

Baca juga: Waspada Pyometra Pada Kucing, Ini Gejalanya

Terakhir, merawat lingkungan rumah untuk membunuh spora yang tersisa. Gunakan larutan pemutih untuk membersihkan seluruh permukaan rumah seperti lantai furnitur serta kandang kucing guna membunuh spora jamur penyebab kurap.

Setelah iru, diamkan larutan pemutih selama 10 menit agar jamur mati sebelum dibersihkan kembali. 

Baca juga: Catat, Ini 3 Penyakit Mental pada Kucing

Mencegah kurap 

Lantaran penyakit kurap sangat mudah menular pada kucing dan manusia, langkah terbaik adalah mencegahnya. Ada beberapa cara mencegah penyakit kurap pada kucing yang bisa dilakukan.

Mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang hewan peliharaan adalah cara termudah mengurangi kemungkinan kucing dan Anda terinfeksi penyakitkurap. 

Baca juga: Lakukan Ini agar Kucing Peliharaan Terhindar dari Penyakit Kulit

Selain itu, jangan biarkan kucing bermain dengan kucing yang tidak tinggal di rumah Anda, jaga kebersihan lingkungan dan kucing, dan apabila Anda terinfeksi kurap, hindari menyentuh kucing sampai dokter menentukan Anda bebas dari penyakit kurap. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com