Kompas.com - 03/06/2021, 12:53 WIB
Ilustrasi monosodium glutamat (MSG) atau micin. SHUTTERSTOCK/SURIYA YAPINIlustrasi monosodium glutamat (MSG) atau micin.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kegiatan berkebun atau bercocok tanam, ada banyak bahan yang tal terduga mampu memberikan manfaat sangat baik bagi tanaman.

Salah satu bahan tak terduga yang berkhasiat baik bagi tanaman adalah micin atau MSG, alias bumbu penyedap yang biasanya selalu tersedia di dapur.

Perlu diketahui bahwa micin bisa menjadi pupuk dalam proses pemupukan tanaman, karena kandungan senyawa yang dimilikinya.

Baca juga: Benarkah Micin Tidak Baik Sebagai Pupuk Tanaman Aglonema?

Dikutip dari kanal Youtube Alam Organik, Kamis (3/6/2021), ada beragam manfaat micin untuk tanaman dan cara pengaplikasiannya.

Kandungan micin

Kandungan senyawa yang ada di dalam micin atau MSG adalah asam glutamat dengan konsentrasi 78 persen, natrium benzoat 12 persen, dan air 10 persen.

Asam glutamat merupakan sejenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh yang juga terdapat pada makanan alami lainnya, seperti tomat, susu, keju, dan lain-lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, natrium adalah salah satu unsur hara mikro yang sangat dibutuhkan dan besar perannya dalam pertumbuhan tanaman.

Baca juga: Garam dan Micin Bisa Bikin Tanaman Cabai Tumbuh Lebat, Ini Caranya

Nah, unsur hara natrium inilah yang menjadi titik penting bahwa micin dapat juga digunakan sebagai penyubur pada tanaman.

Manfaat micin untuk tanaman

1. Meningkatkan kadar air pada tanaman

Micin bisa meningkatkan kadar air pada tanaman karena kandungan senyawa natrium dapat mengikat air untuk diserap langsung oleh tanaman.

2. Mempercepat pembungaan pada tanaman

Khasiat dari penggunaan micin untuk tanaman yang kedua adalah mempercepat pembungaan pada tanaman, terutama tanaman sayur dan tanaman hias.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X