Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Barang di Rumah yang Dapat Membuat Hidung dan Kulit Gatal-gatal

Kompas.com - 02/06/2021, 09:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyebab hidung dan kulit gatal-gatal tak selalu karena debu, kotoran, serta polusi. Tanpa disadari, barang-barang di rumah juga dapat memicu hidung dan kulit gatal.

Bahkan, beberapa benda-benda ini begitu dekat atau kerap digunakan setiap harinya di rumah. Lantas, barang-barang apa saja? 

Baca juga: Diam-diam, 5 Benda di Dapur Ini Bisa Mengancam Kesehatan

Melansir dari Home and Decor, Rabu (2/6/2021), berikut ini enam benda di rumah yang dapat membuat hidung dan kulit gatal-gatal. 

Kasur, sofa, karpet

Sulit untuk menghindari barang-barang ini di rumah meski benda tersebut dapat mengiritasi hidung dan kulit. Namun, cobalah memilih barang terbuat dari material alami atau organik. 

Baca juga: Hati-hati, 6 Benda di Rumah Ini Lebih Kotor dari Toilet

Selain itu, untuk mengusir zat alergan seperti bakteri, tungau, kuman, dan bulu hewan peliharaan yang terdapat pada sofa, kasur, dan karpet, cobalah menjemur barang-barang tersebut selama seminggu di ruang yang berventilasi baik.

AC dan kipas kotor

Kipas angin yang kotor dapat menimbulkan debu di seluruh ruangan. Untuk itu, pastikan membersihkan bilah kipas angin dan kerangkanya setidaknya sebulan sekali. 

Baca juga: Tanpa Disadari, 6 Benda di Rumah Ini Bisa Mendatangkan Penyakit

Selain itu, bersihkan pula filter AC setiap bulan untuk mencegah bakteri dan jamur tumbuh di dalam unit serta menyebabkan bau tak sedap.

Jika AC dilengkapi dengan mode pemurni udara, pastikan menggunakannya, terutama selama musim flu dan kabut asap, karena dapat mengeluarkan hampir 100 persen kontaminan, debu, dan alergen di udara. 

Baca juga: 5 Benda di Rumah yang Dapat Dibersihkan dengan Garam Dapur

Tanaman rumah yang "salah"

Tanaman seharusnya dapat membersihkan udara, tetapi ada beberapa tanaman yang bisa menyebabkan berbagai masalah alergi, termasuk hidung dan kulit gatal. 

Bisa jadi Anda alergi terhadap jenis serbuk sari tertentu atau tanaman tersebut menjebak debu di daun dan batangnya yang berbulu. 

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Tidak Boleh Meletakkan Barang di Atas Kulkas

Tak hanya itu, Anda juga bisa alergi terhadap getah tanaman atau serangga yang menarik tanaman.

Penyedot debu usang dan tersumbat

Vacuum cleaner atau penyedot debu yang telah usang atau tersumbat dapat menyebarkan debu di rumah, yang akhirnya membuat hidung dan kulit gatal-gatal. 

Baca juga: Catat, 3 Benda yang Tidak Boleh Ada di Rumah Menurut Feng Shui

Karena itu, gantilah segera vacuum cleaner yang sudah lama dengan yang baru. Berinvestasilah pada vacuum cleaner terbaru yang dilengkapi filter HEPA yang dapat memerangkap debu, bulu hewan peliharaan, dan tungau dengan lebih efisien.

Selain itu, vacuum cleaner model terbaru lebih bertenaga dan tidak terlalu berisik dibanding dengan model lama. 

Baca juga: 9 Area dan Benda di Rumah yang Sering Luput dari Pembersihan

Cat yang melepaskan VOC

Beberapa pelarut dan bahan kimia dalam cat mengeluarkan VOC atau senyawan organik yang mudah menguap saat cat mengering.

Senyawa ini dapat mengiritasi hidung, mata, juga tenggorokan serta menyebabkan sakit kepala dan pusing. Untuk menghindari gejala ini, gunakan cat dengan sedikit atau tanpa VOC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com