Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membasmi dan Mencegah Cacing Muncul di Kamar Mandi

Kompas.com - Diperbarui 25/02/2023, 20:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain kecoak, cacing juga merupakan salah satu hewan yang bisa muncul dan hidup di kamar mandi, khususnya di sela-sela keramik atau nat yang tidak tertutup sempurna, juga saluran pembuangan.

Kondisi yang lembap dan sering berair kerap menjadi penyebab cacing-cacing bermunculan hingga berkembang biak di lantai keramik kamar mandi.

Meski tampak tidak membahayakan, cacing bisa membawa penyakit dan berdampak buruk pada kesehatan, sekaligus memberi kesan jorok di kamar mandi.

Baca juga: 5 Tips Feng Shui untuk Dapur dan Kamar Mandi yang Saling Berhadapan

Ilustrasi cacing di kamar mandi. SHUTTERSTOCK/CHINNADIT.S Ilustrasi cacing di kamar mandi.

Agar kamar mandi terbebas dari cacing-cacing yang menggelikan, berikut ini cara untuk membasmi dan mencegahnya datang kembali, dikutip dari beberapa sumber. 

Cara membasmi cacing di kamar mandi

Persiapkan bahan-bahan untuk membasmi cacing di kamar mandi berupa garam, air, ember, panci, dan sendok. Rebus air 5 liter air di panci hingga mendidih.

Sambil menunggu air mendidih, masukkan garam sekitar 500 gram ke ember. Setelah air di panci mendidih, masukkan ke dalam ember yang berisi garam.

Aduk garam hingga larut seutuhnya dengan air panas. Apabila larutan garam sudah jadi, siramkan ke seluruh permukaan lantai kamar mandi yang kerap memunculkan cacing-cacing, dan saluran pembuangan air.

Baca juga: 4 Jenis Cacing yang Hidup di Kamar Mandi dan Cara Membasminya

Tak perlu waktu lama, cacing yang disiram air larutan garam panas akan mati kepanasan, sehingga mereka akan keluar dari sela-sela tempat persembunyiannya. Disarankan untuk melakukan cara ini di malam hari, saat cacing tidak aktif.

Cara mencegah cacing datang kembali ke kamar mandi

Cara untuk mencegah cacing tidak muncul kembali ke kamar mandi harus dengan mengisi ulang sela-sela lantai keramik yang berlubang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com