Kompas.com - 31/05/2021, 17:15 WIB
Kulkas. ThinkstockKulkas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan barang-barang di atas lemari es atau kulkas terkadang menjadi salah satu solusi untuk menghemat ruang.

Padahal, tindakan tersebut merupakan kesalahan besar yang sering dilakukan sebagian orang. Bahkan, beberapa orang ada yang meletakkan barang elektronik seperti microwave di atas kulkas. 

Baca juga: Kulkas Bau? Hilangkan dengan Baking Soda

Sebetulnya, tak hanya benda besar, meletakkan kotak sereal atau benda kecil lainnya di atas kulkas juga tak baik. Hal ini dapat menghalangi panas keluar dan menyebabkan kompresor bekerja lebih keras dari seharusnya.

Selain itu, membuat tagihan listrik meningkat serta memperpendek umur kulkas. 

Baca juga: Sering Dilupakan, Ini Cara Membersihkan Kulkas Secara Menyeluruh

Dilansir dari Hunker, Senin (31/5/2021), jika ingin meletakkan barang di atas kulkas, taruh alas tahan panas terlebih dulu sebagai alas sebelum meletakkan barang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, hal yang harus diperhatikan adalah banyak kulkas yang tidak boleh diletakkan barang-barang di atasnya.

Sebab, apabila barang yang diletakkan di atas kulkas terjatuh di sepanjang sisi dan di bagian belakang alat, hal ini bisa menyebabkan kebakaran. 

Baca juga: Mengapa Bunga Es Muncul di Freezer Kulkas, Apakah Pertanda Rusak?

Begitu pun, perlu diketahui, saat meletakkan barang-barang berat di kulkas, barang tersebut bisa bergeser dari posisi awal. Mengingat, setiap kali pintu kulkas dibuka, akan memunculkan getaran sedikit yang membuat barang-barang di atas kulkas bergeser.

Akibatnya, lama-kelamaan, barang-barang berat ini bisa terjatuh tiba-tiba, membahayakan seseorang, atau membuat barang menjadi rusak. 

Baca juga: Berapa Lama Air Boleh Didinginkan di Dalam Kulkas?

Lebih cepat panas 

Sementara itu, jika kulkas berada di luar atau di ruangan yang lebih hangat seperti ruang tamu yang cerah, meletakkan barang di atas kulkas bisa lebih bermasalah.

Kulkas yang disimpan di luar dapur dapat bermasalah dengan tetesan air hujan, sistem kelistrikan yang kelebihan beban, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: 7 Hal untuk Membantu Kulkas Bekerja Lebih Baik dan Tahan Lama

Selain itu, meletakkan barang di atas kulkas yang terkena sinar matahari atau di ruangan hangat bisa membuat kulkas lebih cepat panas sehingga membuat kulkas bekerja lebih berat dan cepat merusaknya.

Untuk mencegahnya, gunakan rak setidaknya tiga inci di atas bagian atas kulkas. Hal ini dapat menambah ruang dan mengurangi bahaya kebakaran yang dapat disebabkan bahan mudah terbakar yang diletakkan di atas kulkas.



Sumber Hunker
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.