Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antiribet, Ini Cara Membersihkan Bunga Es di Freezer

Kompas.com - 26/05/2021, 18:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber SELF

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam membersihkan kulkas, kebanyakan orang sering kali malas membersihkan freezerbagian atas kulkas untuk menyimpan dan membekukan makanan.

Padahal, sama dengan bagian lemari es lainnya, freezer juga memerlukan perawatan demi menjaga kualitasnya tetap bagus dan melindungi dari lapisan es atau bunga es

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Bunga Es di Kulkas dengan Cepat

Kemunculan bunga es inilah yang kerap menyebabkan orang malas membersihkan freezer lantaran cukup sulit dan membutuh waktu berjam-jam.

Bahkan terkadang hingga seharian karena menunggu freezer sampai betul-betul mencair agar lebih mudah dibersihkan. Sebetulnya, membersihkan bunga es di kulkas cukup mudah.

Baca juga: Penyebab Banyak Bunga Es di Dalam Freezer dan Cara Mengatasinya

Menurut Becky Rapinchuck, pencipta Clean Mama, membersihkan freezer tidak harus memakan waktu seharian selama memiliki beberapa alat, sesi pembersihan terjadwal secara teratur, dan trik menjaganya tetap segar.

Melansir dari laman Self, Rabu (26/5/2021), berikut ini cara membersihkan bunga es di kulkas dan freezer

Baca juga: Cara Membersihkan Bunga Es yang Menumpuk di Freezer Kulkas

Mencegah penumpukan bunga es

Langkah paling awal yang perlu dilakukan adalah mencegah penumpukan es atau bunga es.

Rapinchuck mengatakan freezer yang cenderung menumpuk es bisa jadi disebabkan terlalu sering dan lama membuka serta menutup freezer.

Baca juga: Mengapa Bunga Es Muncul di Freezer Kulkas, Apakah Pertanda Rusak?

“Jika Anda tidak pernah membuka pintu freezer lebih dari satu menit, seharusnya tidak memiliki masalah dengan bunga es,” katanya.

Apalagi, kulkas modern saat ini dirancang mencegah pembentukan es yang terlalu banyak atau bunga es. “Es tidak menumpuk seperti dulu pada model lama yang kurang efisien.”

Karena itu, hindari membuka pintu freezer terlalu lama dan sering. 

Baca juga: Kenapa Ada Bunga Es di Kulkas? Kenali 4 Penyebabnya

Lakukan pembersihan bulanan

Menurut Rapinchuck, Anda harus membersihkan freezer dua kali setahun, tetapi tetap harus memeriksanya setiap bulan dari tumpahan atau kotoran.

Semakin sering dibersihkan, semakin berkurang bunga es, bahkan membuatnya hilang. Begitu pun jika melihat tumpahan atau kotoran, segera bersihkan.

Baca juga: 5 Cara Mudah agar Kulkas Terbebas dari Bau dan Kotoran 

Jangan menunggu sampai berbulan-bulan untuk menghapusnya karena dapat membuatnya tertutup es serta membuat freezer tetap bersih.

Gunakan waslap hangat

Umumnya, sebelum membersihkan bunga es di kulkas, kita mematikan kulkas. Akibatnya, makanan dalam kulkas kehilangan kesegaran, bahkan dapat membusuk.

Baca juga: 6 Tips Memilih Kulkas Baru agar Tahan Lama

Namun, Rapinchuck menuturkan sebenarnya tidak perlu mencabut atau mematikan kulkas dan khawatir makanan akan rusak ketika membersihkan bunga es di freezer

Ada trik lebih mudah dan aman. Ia mengatakan, Anda dapat mencairkan atau membersihkan bunga es hanya dengan menggunakan waslap hangat dan air sabun panas tanpa perlu mencabut kulkas. 

Baca juga: Telur Rebus Boleh Disimpan di Kulkas, asalkan...

Gunakan kain lembap

Selain waslap hangat, Anda juga memerlukan kain lembap untuk membersihkan bunga es dari kulkas.

Rapinchuck mengatakan lap rak dan freezer dengan kain yang agak lembap. Bila sulit menghilangkannya, bisa pula "mamahat" untuk melepaskan bunga es. Setelah itu, keringkan rak dan masukkan kembali makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SELF
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com