Kompas.com - 26/05/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi kucing sedang dielus Unsplash/Paul HanaokaIlustrasi kucing sedang dielus

 

JAKARTA, KOMPAS.com--Sebagai pemilik, kita tentu memahami perilaku kucing. Jika ada perubahan, kita akan sangat mudah mengetahuinya.

Kucing bisa saja tiba-tiba bertingkah aneh dan tak seperti biasanya. Perilaku ini, bisa saja berupa nakal, konyol, atau serius.

Perubahan perilaku ini bisa menjadi peringatan adanya hal yang sedang dirasakan oleh Si Meong.

Untuk pemilik kucing, berikut adalah lima penyebab berubahnya perilaku kucing seperti dilansir dari Catster, Rabu (26/5/2021). 

1. Depresi

Seekor kucing yang bertingkah aneh mungkin mengalami depresi. Hal yang mereka rasakan seperti halnya saat kita baru saja dicampakkan oleh orang yang kita sayang.

Kucing jadi enggan meninggalkan tempat tidurnya, mogok makan, hingga tak mau berdandan atua membersihkan dirinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seekor kucing yang, misalnya, kehilangan teman kesayangannya mungkin akan berperilaku serupa. Dia membiarkan makanannya tidak tersentuh selama berhari-hari, bahkan mengabaikan camilan.

Baca juga: Berapa Suhu Tubuh Kucing yang Normal? Ini Penjelasannya

Dia bersembunyi di bawah tempat tidur. Dia acuh tak acuh tentang kebersihan badannya dan dia tidur lebih dari biasanya, yakni bisa sampai 18 jam per hari.

Kamu bisa membantu kucing yang depresi dengan tetap bersabar dan memberi perhatian serta kasih sayang.

Bujuk kucing keluar dari persembunyiannya dengan mainan dan camilan sambil berbicara dengan nada yang menenangkan. 

Jika semuanya gagal, bawalah kucing ke dokter hewan yang bisa meresepkan antidepresan untuk kucing.

2. Stres

Ilustrasi kucingUnsplash/Timothy Meinberg Ilustrasi kucing

Kucing terkenal sangan benci dengan perubahan. Sehingga, ketika kamu mengajak kucing untuk pindah rumah, kucing bisa saja berperilaku mendesis hingga lari dari pemiliknya.

Perubahan sikap ini bisa saja terjadi karena kucing sedang stres, terlebih jika kamu sering meninggalkannya sendirian karena harus pergi bekerja. 

Baca juga: 6 Penyebab Bulu Kucing Rontok yang Perlu Diwaspadai

Kamu bisa membantunya dengan cara mengganggu rutinitas kucing dengan menempatkannya di ruangan terpisah dengan mainan, kotak kotoran, makanan, dan tempat tidurnya saat kamu berkemas dan bersiap berpindah rumah.

Kemudian, biarkan kucing di ruang aman di tempat baru saat kamu membongkar dan mengatur ulang rumahmu. Dikelilingi oleh barang-barang dan bau yang sudah dikenalnya akan membantunya merasa lebih betah.

Selain itu, sebelum memulai pekerjaan baru, kurangi rutinitas kucing dengan meninggalkannya sendirian untuk meningkatkan interval setiap hari dan memberinya camilan dan perhatian saat kamu kembali. 

3. Merasa terancam

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Catster
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.