Kompas.com - 26/05/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi ruang keluarga. UNSPLASH/SPACEJOYIlustrasi ruang keluarga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga dalam feng shui adalah ruangan yang damai. Namun, bertentangan dengan kepercayaan populer, feng shui bukanlah metode dekorasi.

Feng shui mencakup lebih dari sekadar menggunakan warna atau mengatur furnitur dalam tata letak tertentu. Feng shui adalah cabang pengobatan Tiongkok yang merupakan gabungan seni, sains, dan latihan spiritual. 

Baca juga: Catat, 3 Benda yang Tidak Boleh Ada di Rumah Menurut Feng Shui

Tujuannya, menciptakan keseimbangan dan harmoni dalam semua aspek kehidupan dengan mengubah energi tempat kita tinggal atau rumah menjadi energi positif.

Memiliki ruang keluarga yang seimbang sangat penting. Sebab, banyak kegiatan di rumah yang dilakukan di ruangan ini. Ruang keluarga adalah area untuk bersosialisasi dan bersantai bersama keluarga. 

Baca juga: Feng Shui: 8 Pilihan Warna Pintu Rumah untuk Datangkan Energi Positif

Nah, dilansir dari Real Simple, Rabu, (26/5/2021), berikut ini enam cara menata ruang keluarga berdasarkan feng shui agar mendatangkan energi positif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Minimalkan kekacauan

Langkah pertama dari proses ini adalah meminimalkan kekacauan. Menurut Ashley Cantley, ahli feng shui dan desainer interior, ruangan yang mengalirkan energi dengan baik adalah ruang yang tidak dipenuhi barang di setiap sudut.

Baca juga: Ingin Beli Apartemen? Ini Tips Menurut Feng Shui

"Ruang kosong atau minimalis adalah hal yang baik dalam feng shui,” katanya.

Namun, hal ini tidak berarti menyingkirkan semua barang yang Anda miliki, tapi menginventarisasi apa yang berarti dalam hidup Anda.

Baca juga: 4 Cara Mendekorasi Kamar Menurut Feng Shui agar Tidur Lebih Nyenyak 

Evaluasi ruangan dan pertahankan hanya furnitur, aksen dekoratif, dan pernak pernik lain yang Anda rasa berhubungan dengannya. Jika suatu benda tidak membuat Anda merasa bahagia, donasikanlah.

Lebih terang, lebih baik

Menurut feng shui, pencahayaan sangat penting di ruang keluarga. “Semakin banyak pencahayaan, semakin baik. Lampu tidak selalu harus dinyalakan, asalkan ada opsi untuk menyalakannya,” ucap Ashley. 

Baca juga: 6 Bunga yang Mendatangkan Energi Positif di Rumah Menurut Feng Shui

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X