Kompas.com - 26/05/2021, 08:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Anda memelihara kucing, Anda perlu mengetahui kondisi kesehatan Si Meong secara keseluruhan. Namun demikian, hal ini kadang menjadi tantangan.

Akan tetapi, seperti halnya manusia, ada cara yang baik untuk mengumpulkan beberapa petunjuk apakah kucing kita sedang sakit atau sehat. Salah satunya melalui suhu tubuh.

“Karena kucing kita tidak berbicara dengan kita, suhu tubuh adalah salah satu cara untuk mengetahui status kesehatan umum mereka dengan alat yang mudah,” kata Stacy Choczynski Johnson, dokter hewan di Pumpkin Pet Insurance seperti dikutip dari Catster, Rabu (26/5/2021).

Baca juga: 6 Penyebab Bulu Kucing Rontok yang Perlu Diwaspadai

Suhu tubuh kucing yang normal biasanya antara 37,5 hingga 39 derajat celsius. Meskipun tampaknya rentangnya kecil, Choczynski mengatakan itu cukup lebar yang memungkinkan beberapa fleksibilitas.

“Ketika mereka mencapai (suhu tubuh) 39 derajat celsius, itu mungkin karena di luar hangat atau ada banyak kegembiraan. Begitu (suhu tubuh) berada di 39,4 derajat celsius, maka ini benar-benar demam dan memprihatinkan," ungkap Choczynski.

Cara mengukur suhu tubuh kucing

Karena ada kisaran yang sangat luas untuk suhu tubuh kucing yang sehat, Choczynski mengatakan bahwa sangat baik untuk menetapkan dasar untuk kucing. Untuk melakukan ini, cukup beri minum pada waktu yang sama setiap hari selama beberapa hari.

Setelah itu, Anda hanya perlu mengukur suhu tubuh sesekali atau jika ada yang tidak beres.

Baca juga: Simak, Begini Cara Merawat Kucing Hamil

Ada dua cara untuk mengukur suhu tubuh kucing Anda, yakni melalui telinga atau bagian belakangnya. Choczynski sangat menyarankan untuk menggunakan termometer rektal, karena menurutnya termometer aural tidak dapat diandalkan.

“Beri hewan peliharaan camilan saat Anda melakukannya. Terkadang, ini adalah pekerjaan dua orang. Ukur suhunya, dan pastikan terbaca dalam kisaran normal," sarannya.

Choczynski juga merekomendasikan penggunaan pelumas agar lebih nyaman pada kucing dan memberi label pada termometer.

Apa artinya jika suhu kucing terlalu rendah atau tinggi?

Jika suhu kucing di bawah 37,5 derajat celsius, itu mungkin tidak terlalu serius.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Catster
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.