Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antigagal, Ini 7 Cara Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

Kompas.com - 23/05/2021, 10:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber LivSpace

JAKARTA, KOMPAS.com - Cicak menjadi salah satu hewan yang sering muncul di setiap rumah. Tentu saja kehadiran hewan reptil yang biasa merayap di dinding ini tak pernah diinginkan.

Meski cenderung tidak berbahaya dan beracun secara langsung, tetap saja keberadan cicak di rumah sangat mengganggu serta umumnya membuat orang geli, bahkan takut. 

Baca juga: 8 Cara Efektif Mengusir Cicak dari Rumah

Namun, perlu diingat bahwa cicak cukup berperan besar dalam kehidupan manusia. Cicak mampu menekan populasi serangga berbahaya seperti nyamuk.

Karena itu, cara terbaik membasmi cicak adalah mengusirnya, bukan meracuni atau membunuhnya. Tentunya dengan cara-cara yang aman. 

Baca juga: Cara Alami Usir Cicak dari Rumah

Nah, berikut ini cara mengusir cicak di rumah mengggunakan bahan-bahan alami dilansir dari laman Livspace, Minggu (23/5/2021).

Buat Semprotan Merica

Air lada adalah cara aman yang dapat digunakan untuk mengusir cicak di rumah. Campurkan bubuk lada hitam ke dalam air, lalu kocok dan masukkan ke botol semprot. 

Baca juga: 6 Cara Basmi Cicak di Rumah, Pakai Telur dan Bawang

Setelah itu, semprotkan larutan ke area-area yang biasa cicak muncul. Lada dapat mengiritasi kadal karena reaksi alergi yang timbul. Jadi, kemungkinan besar cicak akan menjauh dari area itu.

Letakkan Bawang Merah dan Putih

Bawang putih dan bawang merah mengeluarkan bau menyengat. Letakkan beberapa siung bawang putih mentah atau beberapa irisan bawang merah di berbagai sudut rumah. 

Baca juga: Tips untuk Menjaga Dapur agar Bebas dari Kecoak, Semut, dan Tikus

Hal ini dapat mencegah cicak muncul atau kembali ke sana. Bisa pula menambahkannya ke dalam botol semprotan berisi air untuk digunakan sebagai pengusir nyamuk.

Dengan membasmi nyamuk di rumah, secara langsung Anda mengusir cicak karena sumber makanannya telah hilang sehingga cicak tidak akan muncul ke rumah serta mencari tempat lain. 

Baca juga: Baking Soda dan 5 Bahan Ini Ampuh Hilangkan Kecoak di Kamar Mandi

Bersihkan Lemari Secara Teratur

Cicak tertarik pada tempat yang lembap. Lemari di bawah wastafel adalah area lembap yang paling berisiko munculnya cicak. Jadi, pastikan lemari itu sekering dan sebersih mungkin.

Jangan lupa mengangin-anginkan lemari secara teratur agar mencegah cicak membangun rumah dan bertelur. 

Baca juga: 7 Penyebab Kecoak Muncul Tiba-tiba di Dalam Rumah

Selain itu, bila ada pipa bocor, segera memperbaikinya karena ini berfungsi sebagai lubang penyiraman bagi cicak serta berkontribusi menjadi area lembap.

Gunakan cangkang telur

Cangkang telur kerap berakhir di tempat sampah begitu saja. Padahal, cangkang telur bisa digunakan untuk mengusir cicak. Hewan dari suku Gekkonidae ini tidak tahan dengan bau cangkang telur. 

Baca juga: 4 Cara Cegah Tikus, Kecoak, dan Serangga Masuk ke Rumah

Untuk itu, letakkan cangkang telur di sudut-sudut rumah yang sering muncul cicak. Lap kulit telur hingga kering sebelum digunakan, tapi hindari mencucinya untuk tetap mempertahankan aromanya. 

Halaman:
Sumber LivSpace


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com